Liburan Naik Motor, Tentukan Rute yang Efektif dan Efisien

Liburan naik motor, tentukan rute yang efektif dan efisien - DAM
Liburan naik motor, tentukan rute yang efektif dan efisien - DAM

Autogear.id – Ketika libur panjang jelang tutup tahun, seperti momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, banyak masyarakat yang ingin menghabiskan waktu jalan-jalan bersama keluarga, pasangan maupun bareng teman-teman. Menuju destinasi wisata tertentu, atau mengunjungi handai taulan dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Lokasinya bisa jadi menempuh rute jarak jauh.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma menjelaskan, bagi masyarakat yang melakukan perjalanan jarak dekat maupun jauh menggunakan motor, wajib untuk mempersiapkan segala sesuatu hal sebelum berkendara. Mulai dari persiapan fisik, rencana perjalanan, maupun kendaraan itu sendiri dan perlengkapan berkendaranya.

Menurut Ludhy, selain kesehatan jasmani dan rohani, ketika akan melakukan perjalanan hendaknya memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik. Mulai dari kondisi mesin, ban, rem, lampu dan lainnya. “Jika perlu, bila mengendarai motor Honda, lakukan servis kendaraan terlebih dahulu di bengkel resmi atau AHASS. Supaya motor yang digunakan tetap aman dan nyaman saat dikendarai,” tukasnya.

Langkah selanjutnya, persiapkan rute perjalanan yang akan dilalui. Pengendara dapat menggunakan smartphone untuk menentukan jalur yang paling mudah dilalui. Serta rute yang memakan waktu paling sedikit. Dengan demikian, perjalanan liburan akan jauh lebih efektif dan efisien.

Dengan mengetahui rute perjalanan, pengendara dapat menentukan titik-titik peristirahatan selama perjalanan. Melakukan istirahat sangat penting di sela-sela saat berkendara, karena dapat membantu pengendara untuk tetap fokus.

Sebaiknya, setiap dua jam perjalanan melakukan istirahat guna mencegah kelelahan, yang merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan. Pastikan tubuh pengendara terhidrasi dengan baik, cukup minum dan mengkonsumsi makanan bergizi agar kondisi tubuh tetap fit.

“Ketika melakukan perjalanan jarak jauh maupun dekat dengan motor, umumnya pengendara harus membawa barang-barang yang diperlukan. Penting untuk memastikan bahwa beban yang dibawa tidak melebihi kapasitas yang seharusnya untuk motor tersebut,” urainya.

Lanjut Ludhy, jika menggunakan tas punggung, pastikan ukurannya sesuai dengan bahu pengendara maupun boncenger, agar terlihat oleh pengendara lain. Alternatif lainnya adalah menggunakan tas di tangki motor, dalam hal ini untuk motor sport atau menggunakan box tambahan di bagian belakang motor.

Kondisi cuaca yang cenderung tidak menentu akhir-kahir ini, baiknya selalu memperhatikan untuk membawa jas hujan di dalam motor. Sehingga pengguna motor senantiasa siap dalam menghadapi kondisi cuaca sewaktu turun hujan.

“Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, tak kalah penting saat melakukan perjalanan liburan adalah menggunakan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman. Pastikan selalu menggunakan helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu untuk selalu cari aman dalam perjalanan,” tutup Ludhy.


(uda)