Autogear.id - Penjualan mobil dan motor di platform online Tokopedia, dikabarkan semakin memperlihatkan pertumbuhan signifikan. Lantaran salah satu alasan adalah, platform online memberi kemudahan dalam pembelian kendaraan, tanpa harus keluar dari rumah.
“Selama kuartal III 2023, kategori Otomotif merupakan salah satu kategori produk yang relatif paling laris di platform online kami,” ungkap Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra.
Untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan produk otomotif, mulai dari mobil, motor dan onderdil kendaraan, platform-nya telah menawarkan kampanye Tokopedia Garage. “Kehadiran kampanye ini sepertinya telah disambut dengan sangat baik oleh masyarakat,” ungkap Chandra dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.
Hal ini terbukti dari jumlah transaksi yang terjadi, lewat kampanye tersebut, yang naik hampir 4 kali lipat selama kuartal III 2023. Dibandingkan saat kampanye ini pertama kali diperkenalkan pada kuartal I tahun 2021,” jelasnya.
Sementara diakuinya lagi, dari sisi lain, jumlah penjual yang mengikuti kampanye yang ditawarkan oleh salah satu platform online ini juga melonjak lebih dari 16 kali lipat, selama kuartal III 2023. Itu jika jika dibandingkan saat kampanye otomotif ini pertama kali dihadirkan pada kuartal I tahun 2021.
Walaupun pandemi sudah berlalu, kenyataannya di era pasca pandemi, masih tetap kelihatan antusiasme masyarakat Indonesia. Berbelanja berbagai produk otomotif secara online terus melesat. Misalnya saja penjualan kaca film yang mana selama semester I tahun 2023 saat pasca pandemi, naik lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan semester II tahun 2019 saat sebelum pandemi.
Sama halnya dengan penjualan velg kendaraan naik lebih dari 2,5 kali lipat. “Sedangkan jumlah transaksi ban mobil di platform ini naik lebih dari 2 kali lipat. Sementara untuk jumlah transaksi ban motor naik hampir 4 kali lipat, selama semester I tahun 2023 saat pasca pandemi. Dibandingkan semester II tahun 2019 saat sebelum pandemi melanda.
Ada pun jumlah transaksi produk aki motor, oli dan perawatan kendaraan, tampak pula mengalami kenaikan lebih dari 3 kali lipat selama semester I tahun 2023 saat pasca pandemi. Jika dibandingkan semester II tahun 2019 saat pra pandemi.
“Alhasil deretan temuan yang kami temukan ini, mendorong perusahaan kami untuk terus berinovasi bersama para mitra strategis, dalam menghadirkan fitur Jasa Pasang Otomotif,” sergah Chandra penuh semangat.
(uda)