Autogear.id – Chery global mencatat penjualan lebih dari 1 juta unit kendaraan dalam lima bulan pertama 2025, didorong oleh inovasi New Energy Vehicle (NEV).
Hingga akhir Mei, Chery Group telah membukukan penjualan 1.026.517 unit, dan mengalami pertumbuhan tahunan yang lebih cepat dibandingkan tahun lalu, yaitu sebesar 14 persen.
Pada bulan yang sama, brand mobil ini juga sukses mengekspor 100.737 unit kendaraan, dan mencatatkan total ekspor sebanyak 443.940 unit.
Capaian tersebut juga didorong lonjakan permintaan terhadap kendaraan energi baru (NEV), dengan 63.169 unit NEV terjual pada Mei (naik 47,7 persen YoY).
Total sebanyak 287.798 unit NEV terjual dalam lima bulan, yang berarti tumbuh lebih dari dua kali lipat (111,5 persen) dibandingkan tahun lalu.
Adapun di Indonesia, kontribusi Chery terhadap pencapaian global juga signifikan. Lini produk seperti Tiggo Series, C5/E5 Series, dan J6 terus menunjukkan soliditas performa penjualan.
Sejak Desember 2024 hingga April 2025, PT Chery Sales Indonesia (CSI) berhasil mempertahankan tren penjualan positif, dengan penjualan di atas 1.000 unit per bulan.
Tren positif masih terus berlanjut hingga Mei 2025, dengan mencatatkan angka penjualan 2.000 unit. Kendati di tengah kondisi pasar otomotif tanah air yang mengalami kontraksi.
Pencapaian itu tak lepas dari dukungan ekspansi dealer Chery yang terus bertambah. Hingga saat ini, Chery telah melakukan pembukaan secara resmi 48 dealer, di seluruh Indonesia.
Head of Brand Department CSI, Rifkie Setiawan mengatakan, perusahaannya sangat bangga dapat menjadi bagian dari pencapaian Chery secara global yang luar biasa.
Lanjut Rifkie, prestasi ini bukan sekadar cerminan komitmen dalam menghadirkan ragam produk unggulan. Melainkan turut memberi sinyal positif, agar market tak terlalu terpuruk. Lewat kontribusi penjualan dan dukungan luar biasa dari seluruh Chery Family di Indonesia.
“Kami sangat mengapresiasi antusiasme tinggi terhadap lini kendaraan Chery. Dukungan ini menunjukkan Chery semakin diterima dan dipercaya masyarakat. Ke depan, kami terus memperkuat komitmen hadirkan inovasi produk, sesuai karakteristik dan preferensi konsumen,” tukasnya.
Secara global, pencapaian tidak hanya mencerminkan kekuatan penjualan, namun juga hasil dari strategi inovasi jangka panjang. Di mana Chery berfokus pada elektrifikasi, solusi rendah karbon, dan ekspansi global.
Dengan semangat ‘Technology-Driven’, merek asal Tiongkok ini terus memperkuat fondasi teknologi yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan.
Salah satu sorotan utama adalah teknologi Chery Super Hybrid (CSH), yang menghadirkan efisiensi termal hingga 46,5 persen, dan performa tinggi dengan sistem DHT listrik tanpa gigi.
(uda)