FOrmula 1 Imola 2022

Duo Red Bull Superior di Kandang Ferrari, Leclerc Malah Apes di F1 Imola

Max Verstappen dan Red Bull Racing menang besar di sirkuit kandang milik Ferrari. Red Bull CP
Max Verstappen dan Red Bull Racing menang besar di sirkuit kandang milik Ferrari. Red Bull CP

Autogear.id - Tak mampu meraih hasil maksimal di sesi Sprint Race Formula 1 Imola, Italia pada Sabtu (23/4/2022), duo pembalap Ferrari yang mengawali balapan dari grid start 2 dan 4 dipastikan memasang strategi apik untuk Feature Race. Namun balapan feature yang berlangsung pada Minggu (24/4), ternyata tak sesuai dengan kondisi yang mereka harapkan. 

Kondisi trek basah karena diguyur hujan membuat ban intermediate dan basah harus digunakan oleh semua tim. Kondisi ini malah membuat tim Red Bull Racing yang mengawali balapan dari grid pertama dan ketiga justru tampil superior. Max Verstappen langsung melesat menjauh ke depan, sementara Sergio Perez menjaga di urutan kedua dengan perlawanan apiknya. 

Apes bagi duo Ferrari yang justru sudah merencanakan strategi apiknya di kandang sendiri. Carlos Sainz yang awalnya ingin melakukan penetrasi ke depan, justru tersenggol oleh Daniel Ricciardo dan membuat mobilnya terperangkap di zona run-off. Ia tak bisa ke mana-mana dan harus mengakhiri balapannya di lap pertama itu.

Sementara rekan setimnya yaitu Leclerc, jadi harus berjuang sendirian. Kondisi ini pun diperparah dengan tertahannnya Ia di belakang Lando Norris yang juga punya performa bagus di trek basah. Meski berhasil menyusul pembalap asal Inggris itu, tapi ambisinya untuk menyusul Perez justru berbuah apes. Ia malah menginjak pinggiran trek di tikungan S yang cukup tinggi dan membuat mobilnya terhempas ke dinding pengaman sirkuit.

Baca Juga:
Quartararo Menangi MotoGP Portugal, Balapan Dipenuhi Drama

Meski berhasil kembali ke sirkuit di belakang Lando, namun mobilnya tak lagi sempurna dan harus masuk ke pit stop untuk mengganti sayap depan. Kondisi ini membuatnya terpuruk ke urutan ketujuh hingga akhirnya Ia hanya meraih beberapa poin saja untuk klasemen sementara. 

Lantaran tidak adanya pesaing Perez merebut podium kedua, ini berarti membawa posisi kemenangan 1 dan 2 bagi duo pembalap Red Bull Racing di kandang Tifosi Ferrari. Verstappen yang tak paham kondisi yang terjadi ke Charles Leclerc hanya bisa bersimpati saat melihat tayangan ulangnya di zona belakang podium.

"Kemenagan ini tentu sangat berarti bagi kami, paling tidak bisa kembali tampil kompetitif meraih kemenangan agar tetap membuka peluang kami berada di klasemen teratas lebih konsisten. Tapi masih terlalu awal, kami hanya berharap bisa tampil konsisten seperti ini ke depan," ujar Verstappen.

Hasil F1 Imola 2022:
1. Max Verstappen, Bel, Red Bull Racing
2. Sergio Perez, Mex, Red Bull Racing
3. Lando Norris, UK, McLaren


(uda)