Autogear.id - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berupaya mempertahankan eksistensi lewat penyediaan produk, untuk meningkatkan angka retail sales sebesar 9 persen di bulan Juli 2024. Kategori passenger car maupun commercial car sama-sama mengalami eskalasi sebesar 8 persen dan 11 persen jika dibandingkan Juni 2024. Persentase penambahan tertinggi didapatkan Baleno, kemudian diikuti New XL7 dan model lainnya.
Menurut Dept. Head of 4W Sales PT SIS, Randy R. Murdoko, kondisi itu dipengaruhi beberapa faktor seperti kebutuhan dan juga kepercayaan. “Pertengahan tahun seperti ini biasanya dipenuhi berbagai aktivitas serta mobilitas perkotaan layaknya bekerja, menjalankan usaha ataupun mengantar sekolah,” ujarnya.
Kata Randy, Suzuki menyadari akan hal itu, sehingga Baleno menjadi jawaban paling tepat bagi kalangan aktif tersebut. Dengan tingginya value yang bisa dimiliki secara lebih terjangkau. Sisi lain, masyarakat urban terlihat semakin condong kepada model hybrid, dibuktikan kontribusi sebesar 43 persen, di antara seluruh penjualan mobil penumpang Suzuki selama Juli 2024.
Stylish hatchback bermesin 1.500cc, Baleno sanggup menorehkan peningkatan retail sales 40 persen, yang diakui mendominasi kompetisi di segmennya. Sedangkan New XL7 turut menciptakan 20 persen kenaikan, dimana mayoritas 65 persennya merupakan varian hybrid.
Sebagai tambahan penguat bukti tingginya minat masyarakat kepada model kompak, pergerakkan penjualan positif periode ini diikuti Grand Vitara sebesar 14 persen dan S-Presso 13 persen. Seluruh capaian tersebut disandingkan dengan bulan sebelumnya.
Masih menjadi favorit, mobil berteknologi hybrid kian diyakini sebagai kendaraan ramah lingkungan, termudah untuk digunakan dimanapun. Secara akumulatif, penjualan produk Suzuki dalam kategori ini terangkat 18 persen. Pertumbuhan terbesar pada New XL7 Hybrid 32 persen, serta Grand Vitara 14 persen. Kepercayaan pelanggan terhadap teknologi rendah emisi dan praktis ditunjang oleh tersedianya garansi baterai lithium-ion sepanjang 8 tahun.
Beralih pada kategori komersial, New Carry tetap menjadi andalan para pelaku usaha Indonesia. Lewat catatan penjualan, “Rajanya Pick-Up” ini memperoleh pertumbuhan 11 persen sejak makin giatnya aktivitas bisnis yang butuh kendaraan niaga ringan.
Berbekal penyebaran hampir 300 jaringan outlet serta lebih dari 200 Bengkel Resmi hingga ke pelosok-pelosok daerah. Kiranya bisa memberi ketenangan bagi pemilik unit operasional, dimanapun dan kapan saja.
"Kami menemukan ragam alasan dari pelanggan, mengapa mereka membeli Suzuki. Jawaban paling dominan adalah saat ini penting memiliki mobil efisien dan terasa kualitasnya, ketika dikemudikan setiap hari. Dengan begitu, kendaraan dipersepsikan menjadi solusi mobilitas bermanfaat, bahkan meringankan kesibukan pemilik," tutup Randy.
(uda)