Keandalan Mitsubishi All New Triton Merambah Kalimantan Timur

Keandalan Mitsubishi All New Triton Merambah Kalimantan Timur
Keandalan Mitsubishi All New Triton Merambah Kalimantan Timur

Autogear.id - Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bekerja sama dengan dealer resmi Mitsubishi Motors Dwindo Group di Balikpapan, mengundang 50 konsumen dari Balikpapan dan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), serta jurnalis media lokal. Menguji keandalan dan ketangguhan All New Triton di trek offroad yang disiapkan di Batu Ampar, Balikpapan Utara.

Total lima unit All New Triton yang disediakan, terdiri dari varian DC HDX dan DC GLS. Merupakan varian dengan komposisi penjualan terbanyak. Biasa digunakan sebagai kendaraan operasional di banyak perusahaan Pertambangan, Perkebunan, serta Oil & Gas.

Adapun dari lima unit tersebut, tiga unit (DC GLS & DC HDX) dialokasikan untuk uji coba, sementara dua unit DC HDX berfungsi sebagai unit display, untuk keperluan observasi statis dan eksplorasi yang lebih optimal.

“Sejak diluncurkan di pasar Indonesia pada 2002, model Triton telah menjadi kendaraan operasional andal. Mendukung berbagai bisnis penting di Indonesia, serta menjadi salah satu pemimpin pasar di kelasnya. Bahkan di masa-masa sulit penjualan mobil seperti baru-baru ini,” ungkap Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita.

Secara umum, mobil All New Triton hadir dengan peningkatan signifikan, namun tidak melampaui sebuah mobil. Tidak hanya mendukung bisnis, tetapi juga menemani petualangan hidup pelanggan, untuk meningkatkan kualitas dan mencapai tujuan hidup mereka.

“Semoga konsumen di Balikpapan dan Kaltim dapat menikmati, mengeksplorasi, dan mengenal All New Triton secara lebih baik. Mengingat pentingnya Kaltim sebagai wilayah dengan kontribusi penjualan 23 persen. Dimana saat ini merupakan kontributor terbesar terhadap penjualan model ini secara nasional,” ungkap Atsushi Kurita.

Optimalkan Fitur All New Triton

Pada sesi test drive, peserta diberi kesempatan berkendara pada rute yang telah disediakan. Menjajal dan memaksimalkan fitur-fitur yang disematkan pada Mitsubishi All New Triton, dengan alur sebagai berikut.

Pada jalur offroad datar, peserta diberikan kesempatan untuk merasakan, dan beradaptasi dalam mengemudikan unit All New Triton di jalan tanah, dan mencoba pengalaman berbeda menggunakan mesin baru yang lebih bertenaga, dengan torsi yang melebihi pada putaran awal.

Pada varian GLS, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan mudah menggunakan Selector Dial pada kecepatan di bawah 100 km/jam. Sedangkan pada varian HDX, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan sistem tuas yang lebih disukai untuk mobil operasional penunjang bisnis, dengan pilihan transmisi yang sama, yaitu: 2WD (2H) hingga 4WD (4H, 4L).

Selanjutnya, peserta memasuki trek dengan jalan yang tidak rata dan banyak gundukan, di mana kecepatan yang disarankan adalah 10-20 km/jam. Karakter kokoh dari All New Triton dapat dirasakan berkat improvement pada rangka sasis. meningkatkan kekuatan, durabilitas, dan keamanan kendaraan, terlebih dengan luas penampang sasis yang 65 persen lebih besar dibandingkan model sebelumnya.

Peserta juga dapat memahami ketinggian ground clearance yang mencapai 222mm. Sangat membantu dalam mengemudi di medan offroad. Selain itu, improvement pada sistem suspensi meningkatkan stabilitas berkendara, dan memperbaiki performa keseluruhan.

Di sepanjang trek, terdapat berbagai rintangan, termasuk genangan lumpur dan side ramp dengan trek permukaan miring. Genangan lumpur memiliki panjang sekitar tiga meter, dengan kedalaman berkisar antara 10-30 cm. Pengemudi dapat memanfaatkan fitur Rear Differential Lock, untuk membantu mempertahankan traksi saat ban tergelincir di kontur jalan yang tidak rata dan licin.

Rute dilanjutkan dengan trek kontur menurun dan menanjak. Peserta disarankan mengemudi dengan kecepatan 10-20 km/jam. All New Triton menawarkan beberapa keunggulan untuk mengemudi menanjak, termasuk Hill Start Assist (HSA), Approach and Departure Angle yang lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya, serta torsi dan daya yang melimpah sejak putaran awal.

Masuki trek menurun, pengemudi dapat memanfaatkan Engine Brake lebih optimal, berguna untuk menambah rasa aman, keselamatan, dan kenyamanan pengendara. Kemudian, hadirnya fitur Active Stability and Traction Control (ASTC), juga memberikan stabilitas di berbagai medan dan kondisi jalan.


(uda)