Autogear.id - Untuk menunjang kelancaran operasional konsumen fleet di wilayah terpencil, dimana jaraknya sangat jauh menuju wokshop dealer. Sekaligus merupakan komitmen dalam bentuk pelayanan purna jual. Mitsubishi Fuso bersama dealer PT. Bumen Redja Abadi, Sidoarjo, Jawa Timur, meresmikan layanan purna jual 2S (Service, Spare Part) Fleet Customers Workshop.
Lokasinya berada di area operasional salah satu konsumen fleet, yaitu PT. Muria Sumba Manis (MSM), yang bertempat di Wanga, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). PT MSM bergerak di sektor perkebunan, khususnya tebu dan pabrikasi gula.
Perusahaan tersebut memiliki area kerja yang berada jauh dari pusat kota. Sehingga memakan waktu untuk melakukan perawatan truk operasional di dealer. Alhasil kebutuhan akan fasilitas perawatan dan suku cadang, yang siap sedia di dekat lokasi operasional, sangat diperlukan.
Fasilitas 2S fleet customers workshop ini dibangun di lahan seluas 560m2, memiliki 2 stall yang mampu menampung 4-6 unit per hari dan 2 buah container 20 feet dimana 1 buah digunakan untuk Depo Spare Parts, dan 1 buah untuk ruang perlengkapan dan peralatan.
Didukung pula oleh 2 mekanik profesional dari dealer Bumen Redja Abadi, Sidoarjo, yang siap melayani segala jenis perbaikan. Mulai dari ringan sampai dengan berat (overhaul), serta perawatan preventif armada Fuso milik MSM, selama waktu operasional kendaraan dari Senin-Sabtu dan hari Minggu atau Libur.
Kehadiran fasilitas ini mendukung ketersediaan suku cadang di lokasi operasional, karena adanya part depo sehingga zero down time dapat dioptimalkan. Dilengkapi peralatan lengkap, salah satunya Fuso Diagnostic Tools. Yaitu alat khusus untuk mendiagnosa kondisi dan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan mesin dan sensor pada unit truk Fuso Euro4.
Begitupula berguna buat sistem manajemen perawatan servis bagi konsumen fleet, dimana ini merupakan sistem manajemen layanan yang dapat dikontrol oleh konsumen fleet untuk memonitor aktivitas servis truk di bengkel armada 2S.
Direktur Operasional Bumen Redja Abadi, Hadi Surjono Salim mengatakan, fasilitas ini merupakan bentuk keseriusan dari dealer, dan didukung penuh Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) untuk memberikan layanan yang optimal kepada konsumen fleet. “Sehingga konsumen di area terpencil pun tetap bisa mengoptimalkan kegiatan operasional bisnis mereka,” ucapnya.
Department Head Service Business Development KTB Dikdik Hermawansyah mengatakan, perusahaannya akan terus menguatkan komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen, baik secara produk maupun layanan purna jual. Sesuai kebutuhan dari konsumen di seluruh Indonesia.
Saat ini 1 bangunan 2S Fleet Customer Workshop Fuso terdapat di Malang, Jawa Timur; 3 bangunan terdapat di Pontianak, Kalimantan Barat; 1 bangunan di Mallomo, Makasar, Sulawesi Selatan; 1 bangunan di Kolaka, Sulawesi Tenggara, dan 1 lagi yang terbaru di Sumba Timur, NTT.
(uda)