Sukses Bawa Hino Kuasai Pasar MDT, Santiko Wardoyo Kok Malah Digeser?

Sukses Bawa Hino Kuasai Pasar MDT, Indomobil Group Malah Geser Santiko Wardoyo
Sukses Bawa Hino Kuasai Pasar MDT, Indomobil Group Malah Geser Santiko Wardoyo

Autogear.id – Pabrikan kendaraan niaga asal Jepang, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengumumkan pergantian jajaran Board of Director (BOD). Yang mereka klaim sebagai bagian dari upaya terus menerus meningkatkan kinerja perusahaan, dan menjawab tantangan masa depan.

COO - Director HMSI, Santiko Wardoyo, yang telah memimpin operasional HMSI selama lebih dari 12 tahun, meninggalkan posisinya di HMSI untuk menjalani tour of duty di posisi baru dalam Indomobil Group.

Diketahui, di bawah komando Pak San, sapaan akrab Santiko Wardoyo, HMSI mencatat berbagai prestasi. Termasuk keberhasilan menguasai pasar kendaraan medium duty truck (MDT) selama 24 tahun terakhir. 

Model Hino 500 sukses kuasai pasar, dengan lebih dari 50 persen pangsa pasar di Indonesia. Tak hanya itu, di era nya, Hino turut mengembangkan SDM transportasi yang andal, mengutamakan keselamatan di jalan.

Seperti mendirikan Hino Indonesia Academy, pelatihan pengemudi beserta fasilitasnya Hino Total Support Customer Center (HTSCC), LSP - LPK HMSI, program Hino Safety Driving Competition libatkan ribuan pengemudi, hingga Fasilitas Uji Kir.

Sebagai pengganti Santiko, shareholder HMSI yang terdiri dari Hino Motors Limited Japan, Indomobil Group dan Sumitomo Corporation telah menunjuk Susilo Darmawan sebagai Sales Director. Susilo sebelumnya menjabat CEO PT Indomobil Trada Nasional.

Dia sebelumnya menangani bisnis ritel untuk semua produk kendaraan penumpang, di bawah naungan Indomobil Group. Dengan merek-merek seperti Audi, Citroen, Jaguar, Land Lover, Kia, Nissan, Suzuki, VW, serta moge Harley-Davidson dan motor listrik Yadea.

Presiden Direktur HMSI, Takashi Muto mengatakan, HMSI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak San atas dedikasi dan kepemimpinan operasional selama ini. Muto yakin, di posisi barunya, Pak San akan terus berkontribusi besar bagi Indomobil Group.

"Kami juga sambut antusias Susilo Darmawan, yang akan bergabung dengan HMSI. Dengan pengalaman dan kepemimpinannya yang telah terbukti, kami yakin perusahaan akan terus tumbuh dan meraih sukses lebih besar di masa depan", kata Muto.

Santiko Wardoyo sendiri menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh tim di HMSI, atas dukungan dan kerja sama yang luar biasa selama ini."Saya merasa terhormat telah menjadi bagian dari perjalanan HMSI selama lebih dari satu dekade. Prestasi yang kami capai adalah hasil kerja keras dan dedikasi seluruh tim. Saya percaya Susilo Darmawan akan membawa HMSI ke tingkat lebih tinggi, dengan inovasi dan strategi barunya," ungkapnya.

Pergantian jajaran BOD HMSI berjalan mulai Juni 2024. Merupakan bagian dari strategi jangka panjang perusahaan, untuk memperkuat posisi bisnis dan meningkatkan kompetensi di berbagai lini usaha.


(uda)