Formula E Jakarta 2022

Mitch Evans Cetak Sejarah di Formula E Jakarta

Formula E Jakarta dimenangi oleh Mitch Evans yang akhirnya memanfaatkan kelemahan Jean-Eric Vergne yang mobilnya mulai kehilangan energi. AG-Ahmad Garuda
Formula E Jakarta dimenangi oleh Mitch Evans yang akhirnya memanfaatkan kelemahan Jean-Eric Vergne yang mobilnya mulai kehilangan energi. AG-Ahmad Garuda

Autogear.id - Mengawali balapan dari posisi start ketiga, tentunya bukan jadi tolak ukur dari sebuah pemenang balapan yang bernama Formula E. Begitu juga fakta yang terjadi di seri Jakarta yang berlangsung hari ini Sabtu (4/6/2022). Pembalap asal Selandia Baru yaitu Mitch Evans mencetak sejarah kemenangan pertama di sirkuit non permanen Ancol dengan performa yang sempurna.

Ia mengawali balapan dari posisi start ketiga dan sanggup menusuk ke posisi terdepan berkat performa terbaik dan strategi apiknya. Evans menegaskan bahwa Ia merasa performa dan strategi balapnya kali ini berjalan dengan baik. 

"Senang rasanya bisa memenangi balapan pertama di Jakarta E Prix dengan performa terbaik. Kami memanfaatkan semua strategi untuk meraih hasil ini dan sangat beruntung karena dukungan fans juga menjadi penyemangat bagi kami. Pertarungan di akhir balapan cukup menarik karena akhirnya saya mampu memenangi balapan seru ini," ujar Evans usai memenangi Jakarta E Prix tahun ini.

Dengan mencetak kemenangan setelah melalui balapan panjang dengan waktu total 48 menit 28,424 detik. Ia juga diganjar dengan 1 poin tambahan usai keluar sebagai pencetak waktu tercepat selama balapan berlangsung yaitu dengan 1 menit 9,786 detik. 

Baca Juga:
Siap Investasi Besar, Alasan Quartararo Setia di Tim Yamaha Hingga 2024

Sementara pembalap DS TECHEETAH yaitu Jean-Eric Vergne menegaskan bahwa kali ini Ia harus pasrah meraih posisi kedua, lantaran di awal Ia sempat memaksakan performa mobilnya. Ini berakibat energi baterai mobilnya terkuras lebih cepat. Namun Vergne masih berhak atas tambahan 3 poin, lantaran menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi pada siang hari tadi. 

Posisi ketiga diisi oleh pembalap tim Rokit Venturi Racing yang juga tampil kompetitif yaitu Edoardo Mortara. Ia menyingkirkan posisi Antonio da Costa yang start di posisi kedua yang sempat menempati urutan kedua beberapa lap sebelum balapan berakhir. 

Kemenangan Evans ini pun lantas menjadi sejarah tersendiri baru Indonesia, lantaran sebelumnya banyak keraguan akan pelaksanaan balap mobil ramah lingkungan ini bakal mengalami kendala. Pada penyerahan hadiah, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ditemani Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Penyelenggara Formula E Jakarta, Syahroni, tampil di podium menyerahkan hadiah. 

Mereka juga ditemani oleh Ketua MPR-RI sekaligus Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo serta Puan Maharani yang merupakan Ketua DPR-RI. Dalam pelaksanaan event ini, masyarakat Jakarta dan sekitarnya bahkan Indonesia juga terlihat cukup antusias memadati lokasi balapan kali ini.

Hasil Formula E Jakarta:
1. Mitch Evans, NZ, Jaguar TCS Racing
2. Jean-Eric Vergne, Fra, DS TECHEETAH
3. Edoardo Mortara, Swi, Rokit Venturi 


(uda)