VinFast Ajak Masyarakat Ikut Proses Desain dan Memilih Model Kendaraan

VinFast Ajak Masyarakat Ikut Proses Desain dan Memilih Model Kendaraan
VinFast Ajak Masyarakat Ikut Proses Desain dan Memilih Model Kendaraan

Autogear.id – VinFast, merek kendaraan listrik asal Vietnam, memberi kesempatan masyarakat Indonesia ikut menentukan arah desain produk, melalui program Suaramu Penentu Langkah Kami (Your Voice Our Future).

Melalui kegiatan yang dirilis pada 7 Oktober 2025 ini, VinFast berhasil menarik perhatian para pengamat industri dan konsumen.

Di mana langkah ini membuat mereka tidak terlihat seperti pemain asing, yang sekadar masuk pasar. Melainkan sebagai mitra yang ingin tumbuh bersama komunitas Indonesia.

Untuk pertama kali dalam sejarah otomotif Indonesia, masyarakat diajak berpartisipasi langsung dalam proses desain, dan pemilihan model kendaraan masa depan, yang dibuat khusus untuk pasar Indonesia.

Program ini berangkat dari gagasan bahwa selera, gaya hidup, dan kondisi jalan di Indonesia seharusnya menjadi dasar utama dalam menciptakan produk yang tepat.

Dewan juri dalam kompetisi ini terdiri dari gabungan tokoh budaya dan pakar otomotif. Sebuah kombinasi yang dirancang untuk menangkap beragam kebutuhan estetika, fungsional, dan gaya hidup masyarakat Indonesia.

Para juri menekankan, inisiatif ini merupakan bentuk konsultasi dan partisipasi publik berskala nasional. Sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya di industri otomotif.

Sejak diluncurkan, program ini mendapat antusiasme tinggi masyarakat. Terlihat dari jumlah peserta, aktivitas voting, dan berbagi konten masif di media sosial. Ditambah banyaknya proposal desain yang menarik, yang dikirim masyarakat. 

“Mengusung filosofi Customer-Centricity, VinFast ingin masyarakat Indonesia menjadi co-creator sejati, dalam membentuk masa depan kendaraan listrik,” terang CEO VinFast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto. 

Menurutnya, brand ini percaya setiap ide dan pilihan dari masyarakat, memiliki nilai dan kekuatan untuk melahirkan desain inovatif.

“Kompetisi ini adalah wujud nyata komitmen kami, untuk mendengarkan dan memberdayakan masyarakat, agar berkontribusi langsung dalam perjalanan menuju transformasi hijau,” tukas Kariyanto.

Kemudahan partisipasi, baik melalui situs myvoiceforvinfast.com, maupun penyerahan desain langsung di showroom VinFast dan pusat perbelanjaan, membuat kompetisi ini secara luas menjangkau berbagai lapisan masyarakat. 

Dengan total hadiah mencapai Rp1,335 miliar, dan peluang nyata bagi peserta untuk melihat ide mereka diadaptasi ke desain kendaraan produksi.

Alhasil, kompetisi ini berhasil menarik beragam kalangan, mulai dari desainer muda, penggemar otomotif, hingga masyarakat umum di seluruh Indonesia. 

Para analis industri menilai kampanye ini sebagai wujud nyata visi jangka panjang VinFast untuk Indonesia, pasar signifikan di kawasan Asia Tenggara.

Selama lebih dari setahun, VinFast telah memperkuat eksistensi di Indonesia. Melalui pembangunan pabrik perakitan di Subang, Jawa Barat, dan perluasan jaringan dealer.

Serta peluncuran lini kendaraan listrik yang lengkap, mulai dari VF 3, VF 5, VF e34 hingga VF 7, disertai program penjualan dan purnajual.


(uda)