Motor Baru

Supersport CBR600RR Meluncur, Adopsi Teknologi Tunggangan MotoGP

Honda memperkenalkan varian motor supersport terbaru CBR600RR di wajang EICMA 2023 - HondaUK
Honda memperkenalkan varian motor supersport terbaru CBR600RR di wajang EICMA 2023 - HondaUK

Autogear.id – Honda secara resmi mengumumkan peluncuran motor supersport terbaru mereka di ajang EICMA 2023, yaitu CBR600RR. Membawa sejumlah perbedaan, antara lain adalah adanya penambahan fitur dan terdapat beberapa ubahan dari tampilannya.

Mengutip dari halaman Motorcycle News, seperti ditulis media beberapa waktu lalu, CBR terbaru tersebut tetap mempertahankan jantung mekanis 4-silinder segaris 16V DOHC 599cc, yang memang benar-benar menjadi karakteristiknya.

Meski begitu, CBR600RR telah diperkuat kontrol elektronik six-axis IMU, layar instrumen TFT, mode berkendara, ride by wire throttle, serta pilihan perwujudan bodi otor ala-ala motor balap HRC.

Oret-oretan di atas kertas, motor supersport CBR600RR ini diakui sanggup menyiramkan tenaga 119,4 Tk pada 14.250 rpm. Torsi puncak 46,5 lb ft atau setara 63 Nm pada 11.500 rpm. Kondisi demikian sudah lumayan bikin “ngacir” motor dengan berat 193 Kg.

Baca Juga:
Cetak Sejarah Rajai Balap Asia, Veda Duduki Puncak Klasemen IATC dengan 206 Poin

Motor sultan ini ikut dibumbui fitur slipper clutch dan quickshifter sebagai fitur standar. Termasuk di dalamnya kontrol anti-wheelie. Bahkan juga dikendalikan oleh sistem elektronik terkini, seperti motor yang dipakai di balap bergengsi MotoGP. Berasal dari superbike Honda RC213V-S dan CBR1000RR-R Fireblade.

Semakin canggih, CBR600RR mendapat sentuhan pengembangan yang cukup signifikan di saluran gas buang, yaitu telah memenuhi standar emisi Euro5+ yang memiliki regulasi lebih ketat dan tentunya ramah lingkungan.

Melirik kepada komponen sasis dari kuda besi ini, ternyata sudah dilengkapi rangka aluminium twin-spar dan lengan ayun. Kesemuanya dikombinasikan dengan suspensi depan setingan upside down merek Showa ukuran 41mm. Begitupula shockbreaker belakangnya yang juga mengadopsi merek Showa. Kedua suspensi dapat diseting sesuai kebutuhan penggunanya.

Dari sisi sistem pengereman, tersedia kaliper radial empat piston di sistem pengereman depan. Diimbuhi pula dengan modulator dan ECU Nissin ABS baru. Semua fitur canggih tadi terselubung oleh body desain terkini.

Baca Juga:
Hanya Diproduksi 60 Unit, Canter Edisi Spesial Diterima Pelanggan Pertama

Malah tampak desain winglet menempel di body, layaknya motor-motor yang beraksi di kejuaraan balap MotoGP. Beberapa menilai, adanya ubahan seperti penambahan winglet ini ikut membantu meningkatkan kestabilan kendaraan. Terutama ketika sedang berakselerasi dengan kecepatan tinggi, serta sewaktu melahap tikungan.


(uda)