Da Costa Juarai Hankook Portland E-Prix, Amerika Serikat

Da Costa Juarai Hankook Portland E-Prix, Amerika Serikat
Da Costa Juarai Hankook Portland E-Prix, Amerika Serikat

Autogear.id – Balap Formula E tahun 2024 di Portland International Raceway, Oregon, Amerika Serikat berlangsung dramatis. Sampai pada akhirnya menjadikan Antonio Felix da Costa, dari TAG Heuer Porsche Formula E Team keluar sebagai pemenang. Disusul Robin Frijns dari tim Envision Racing di posisi kedua, dan Jean-Eric Vergne dari tim DS Penske di posisi ketiga.

Balapan ini menghasilkan perubahan posisi puncak klasemen yang ketat, dan menampilkan banyak strategi balap. Penggunaan ban Hankook iON Race pada suhu sekitar 25 derajat Celcius, lumayan mampu mempersembahkan performa optimal. Memungkinkan para pembalap memaksimalkan cengkeraman tinggi pada ban di permukaan lintasan.

“Ban Hankook iON Race sangat cocok untuk trek ini. Kami mampu memacu mobil secara ideal pada beberapa putaran berturut-turut. Kami juga tidak mengalami keausan berarti dalam balapan, jadi saya sangat puas dengan performa ban Hankook,” kata da Costa, pembalap asal Portugal.

Mulanya, Mitch Evans dari tim Jaguar TCS Racing menyelesaikan balapan, Sabtu (29/6) di posisi terdepan. Namun, Evan menerima penalti karena terlibat tabrakan di awal balapan, sehingga membuatnya turun ke posisi delapan.

Lanjut balapan pada hari Minggu(30/6), da Costa kembali meraih kemenangan, dan mencatatkan kemenangan ke-12 pada Kejuaraan Dunia Formula E. Setelah dia berhasil menyelesaikan 27 lap di sirkuit sepanjang 3.190 kilometer tersebut.

Pembalap dari tim TAG Heuer Porsche Formula E ini kembali diuntungkan, dengan manajemen energi dan ban yang baik. "Performa ban ini memberi daya cengkeram yang mumpuni, bahkan hingga akhir balapan. Sehingga membantu para pembalap dalam bekerja di lintasan,” ujar teknisi balap Hankook Tire, Ji Woong Choi.

Setelah empat belas seri balapan musim ini, Nick Cassidy dari Jaguar TCS Racing, berhasil memuncaki klasemen dengan 167 poin, disusul Evans dan Pascal Wehrlein dari tim TAG Heuer Porsche Formula E, yang sama-sama mengoleksi 155 poin. Ajang terakhir dari Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E 2024 akan berlangsung di Hankook London E-Prix di Inggris (20&21/7/2024).

Portland E-Prix sendiri merupakan seri balapan Formula E tercepat sepanjang sejarah. Pada balapan pembuka, Sabtu lalu, sebanyak 22 pembalap mencetak rekor baru, dengan menghasilkan kecepatan rata-rata paling cepat sepanjang perhelatan Formula E. Hal itu diklaim berkat penggunaan Hankook iON Race. Dimana para pembalap mencapai kecepatan rata-rata 244,68 km/jam, di lintasan Portland International Raceway, Oregon.


(uda)