Autogear.id - Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), melalui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), berhasil mempertahankan posisi No. 1 di pasar kendaraan Niaga di Indonesia, di tengah menurunnya permintaan pasar.
Mitsubishi Fuso meraih capaian market share sebesar 39,2 persen, di tahun fiskal 2023 (April 2023 - Maret 2024), dengan total penjualan sebanyak 29.276 unit. Capaian ini kian memperkuat posisi merek ini sebagai pemimpin pasar kendaraan niaga di Indonesia lebih dari 53 tahun berturut-turut.
Dominasi Fuso pada kuartal 1 tahun 2024 (data per April 2024) kiranya masih sangat kuat. Terbukti melalui capaian market share sebesar 38,8 persen, dengan total penjualan unit sebanyak 8.392 unit.
Adapun penjualan pada kuartal 1 tahun 2024 masih ditopang varian Fuso Canter, untuk kelas truk ringan, atau yang lebih sering disebut Light Duty Truck (LDT). Lewat capaian market share sebesar 57.8 persen di April 2024. Capaian ini terus naik sebesar 9,2 persen Januari 2024. Menunjukan kalau Fuso Euro 4 diterima konsumen dengan sangat baik.
Tiga Pilar Layanan Utama Fuso
Menggunakan tema “Customer First” tahun ini, Fuso siap menerima sekaligus mengutamakan suara dan kebutuhan dari bisnis pelanggan. Sebagai “Andalan Bisnis Sejati” yang memiliki tiga pilar layanan utama.
Pertama, Zero Down Time. Pelanggan tak perlu khawatir dengan operasional unit, karena Fuso memiliki 127 unit Mobile Workshop Service (MWS), yang dapat memberikan layanan servis kunjung.
Selain itu terdapat 17 Bengkel Siaga 24 jam yang bisa mengoptimalkan jam operasional kendaraan pelanggan. Juga didukung 19 titik Parts Depo, yang menjamin ketersediaan suku cadang.
Kedua, Fuso juga menjadi Customer Business Consultant yang siap membekali berbagai program pelatihan bagi mekanik dan driver pelanggan. Sehingga operasionalnya semakin terjamin.
Ketiga, Fuso memberikan Best Life Cycle Value yang sangat menguntungkan, bagi bisnis pelanggan. Yang Fuso klaim melalui produk handal sesuai kebutuhan, layanan terbaik sejak proses pembelian unit, masa operasional, layanan purna jual, hingga harga jual kembali yang masih tinggi.
Direktur Sales & Marketing Division PT KTB, Aji Jaya menyampaikan, Fuso akan terus berusaha meningkatkan market share, untuk mempertahakankan posisi sebagai market leader. “Memanfaatkan setiap peluang, di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, dengan memberikan berbagai program layanan yang sesuai kebutuhan konsumen,” ucapnya.
Kata Aji lagi, melalui visi mereka sebagai Andalan Bisnis Sejati, ingin memberikan kontribusi yang terbaik bagi pertumbuhan bisnis pelanggan. Lewat capaian bulan April 2024, Fuso akan terus berkomitmen memberikan berbagai layanan yang dibutuhkan pelanggan.
(uda)