Pameran Otomotif IIMS 2022

Pertama Kali di Dunia, Teknologi NFT Digunakan di IIMS Hybrid 2022

IIMS 2022 sajikan banyak hal menarik tahun ini, salah satunya adalah terdapatnya IIMS NFT Society yang sedang diminati. AG - S Alun S
IIMS 2022 sajikan banyak hal menarik tahun ini, salah satunya adalah terdapatnya IIMS NFT Society yang sedang diminati. AG - S Alun S

Autogear.id – Hari ini pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 resmi dibuka, Kamis (31/3/2022). Kegiatan ini berlangsung 11 hari, yakni sejak 31 Maret – 10 April, di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sebagai langkah nyata dalam ikut serta membangkitkan industri otomotif di Indonesia, maka dipastikan IIMS Hybrid 2022 diikuti oleh 14 brand mobil dan 13 brand motor, serta puluhan brand aksesoris dan aftermarket.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, yang secara resmi membuka IIMS Hybrid 2022, mewakili Presiden Joko Widodo berharap IIMS Hybrid 2022 dapat semakin mendorong percepatan pemulihan sektor otomotif.

Ketua Umum Partai Golkar menyampaikan, insentif PPnBM untuk kendaraan roda empat yang dimulai pada 2021 telah menelan biaya Rp3,46 triliun. Tetapi realisasi yang dihasilkan mencapai Rp4,63 triliun atau sebesar 133 persen.

Untuk realisasi PPnBM hingga Februari 2022 telah mencapai Rp15,8 miliar. Selain itu, penjualan mencatat angka 81 ribu unit atau naik 65 persen dibanding tahun sebelumnya. Adapun sektor roda dua juga menunjukkan tren positif dengan penjualan mencapai 5,1 juta unit pada 2021. “Jadi keseluruhan sektor otomotif roda empat, roda dua sudah kembali pulih,” kata dia.

Baca Juga:
Motor Custom XSR 155 Peserta Yard Built Ikutan Tour the Java Heritage

Lebih jauh dikatakan Airlangga, pemerintah saat ini juga terus mendorong percepatan kendaraan listrik di Tanah Air melalui sejumlah peraturan. Anata lain melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Regulasi ini mengatur berbagai landasan insentif fiskal dan nonfiskal bagi percepatan industrialisasi KBL Berbasis Baterai.

Selain itu, terdapat pula Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 tahun 2021 tentang Perubahan atas PP Nomor 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Regulasi ini memberikan dasar PPnBM 0 persen bagi kendaraan listrik yang memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Airlangga berharap pelaksanaan IIMS tahun ini bisa menjadi ajang bagi perusahaan otomotif untuk menyajikan berbagai inovasi teknologi. Selain itu, ajang ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat berpenghasilan menengah yang ingin memiliki kendaraan.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh mengatakan, sejauh ini pemerintah terus berupaya mengambil peran dalam mengurangi emisi gas buang. “Didukung dengan adanya IIMS, dalam hal ini IIMS Hybrid yang merangkul stake holder industri otomotif, mengambil peran dalam menciptakan energi bersih tahun 2060,” ungkap Kohen, sapaan akrab Hendra Noor Saleh.

Baca Juga:
Cara Antisipasi Mobil Turun Mesin, Supaya Dompet Tidak Kebobolan

Lebih jauh dikatakannya, IIMS menstimulasi pertumbuhan industri otomotif serta ekosistem industri kreatifnya. “IIMS Hybrid 2022 membawa terobosan baru, melalui IIMS NFT society, menciptakan sarana interaktif baru untuk insan otomotif. Untuk pertama kalinya di dunia menggunakan teknologi NFT dalam pameran," tukas Hendra Noor Saleh.

Pada IIMS Hybrid 2022, menurut Kohen, telah disiapkan grand prize empat unit mobil dan dua unit motor, sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan IIMS yang setia dari tahun ke tahun. “Semoga IIMS Hybrid tahun ini bisa memantik kegairahan pertumbuhan industri otomotif di Indonesia,” jelasnya.


(uda)