Serba-Serbi MotoGP

Batik Khas Lombok Nempel di Livery Motor dan Wearpack Balap Alex Rins

Alex Rins bakal bawa batik mendunia. AG-Alun
Alex Rins bakal bawa batik mendunia. AG-Alun

Autogear.id – Batik kini telah diakui oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada 2009 sebagai wujud seni, “Warisan Budaya Manusia Tak Benda” asal Indonesia. Bahkan, Batik pun akan semakin mendunia melalui kancah otomotif.

Pasalnya, pada gelaran MotoGP Indonesia yang akan berlangsung di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (13-15/10/2023), dunia akan kembali melihat motif Batik. Ketika Castrol Indonesia memutuskan untuk menyematkan corak Batik khas Lombok, pada livery motor dan wearpack balap, serta seragam seluruh anggota Tim LCR Honda Castrol MotoGP.

Tak hanya itu, kalimat "Go Indonesia", sebagai semangat membawa nama besar Indonesia ke kancah dunia, juga akan tersemat di beberapa item yang tadi disebutkan. Malah, juga terdapat lima logo bengkel pemenang Castrol Super Mechanic Contest 2023 di sana. Sebagai perwakilan UMKM otomotif di Indonesia, yang turut dikembangkan oleh merek oli tersebut.

Hal ini disampaikan pihak pelumas standar global tersebut, saat mendatangkan pembalap tim LCR Honda MotoGP, Alex Rins, untuk sesi meet and greet media di Jakarta, Rabu (11/10/2023). "Kami merancang kampanye ini secara khusus untuk mengapresiasi Indonesia. MotoGP Mandalika 2023 akan mendapat liputan internasional, dan kami ingin dunia internasional melihat Indonesia," kata Marketing Director Castrol Indonesia, Augustnine Adrianto.

Baca Juga:
Usia 40 Tahun di Indonesia, Manufaktur Hino Lakukan Ini Buat Kampus Reformasi

Adapun secara spesial Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melalui teleconference mengapresiasi apa yang dilakukan pihak Castrol. Sandi mengatakan sangat senang dan bangga, ketika salah satu merek pelumas yang identik dengan warna hijau ini mampu membawa salah satu budaya Indonesia, untuk tampil di kancah internasional.

Alex Rins sendiri mengaku sangat istimewa dan tersanjung, merasa seperti menjadi bagian dari komunitas Indonesia, ketika mengendarai motor balap dengan livery Batik dan tulisan Go Indonesia. “Saya berharap bisa tampil kuat selama akhir pekan balapan,” akunya.

Selaku team principal LCR Honda Castrol, Lucio Cecchinello, juga antusias dengan kampanye Go Indonesia di timnya untuk MotoGP Mandalika tahun ini. Dia meyakini bahwa program ini akan menjadi sumber kebanggaan bagi para pendukung tim dan penggemar MotoGP di Indonesia.


(uda)