MotoGP Spanyol 2022

Bagnaia Kompetitif Lagi, Amankan Posisi Pole di QTT MotoGP Jerez

Francesco Bagnaia menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Jerez dengan jeda nyaris setengah detik dari Fabio Quartararo yang menempati urutan kedua. FB
Francesco Bagnaia menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Jerez dengan jeda nyaris setengah detik dari Fabio Quartararo yang menempati urutan kedua. FB

Autogear.id - Janji Francesco Bagnaia untuk segera tampil kompetitif di musim kompetisi MotoGP 2022, akhirnya mulai memperlihatkan titik terang. Ducati GP22 yang Ia tunggangi akhirnya menemukan setup dan performa terbaiknya di sesi kualifikasi yang berlangsung hari ini Sabtu (30/4/2022) dengan selisih waktu yang sangat signifikan.

Ia meraih catatan waktu tercepat 1 menit 36,170 detik dan memecahkan catatan waktu tercepat yang selama ini diamankan oleh Fabio Quartararo. Pembalap Ducati itu bahkan lebih cepat di sesi ini dengan selisih nyaris 0,5 detik dari Quartararo yang meraih tempat tercepat kedua dengan 1 menit 36,623 detik.

Momen ini tentu menjadi momen kebangkitan kembali sang penantang titel juara dunia tahun lalu itu setelah di awal musim belum mampu tampil dominan. Padahal rekan setimnya yaitu Jack Miller lumayan sering berada di urutan start yang bagus. 

"Saya melakukan yang terbaik pekan ini dan di Portimao kami sempat drop karena lengan yang awalnya dianggap cedera. Tapi setelah berupaya keras, akhirnya kami bisa tampil lebih baik di sini. Saya sudah lama kehilangan perasaan kompetitif dan hari ini di sesi kualifikasi kami merasakan performa terbaik itu lagi. Tentu ini sangat menyenangkan," ujar pembalap yang akrab disapa dengan Pecco itu saat berada di Parc Ferme.

Baca Juga:
Ini Alasan Exxon Mobil Gandeng IPOMI Gelar Mudik Mekanik

Sementara pembalap penantang terkuat dan difavoritkan meraih kemenangan lagi yaitu Quartararo sepertinya tak ingin sesumbar dengna hasil yang Ia raih hari ini. Pembalap asal Perancis itu menganggap ini adalah posisi start yang cukup baik untuk Ia bisa tampil kompetitif lagi seperti di seri sebelumnya. 

Penting untuk menempati tmpat yang bagus untuk start, saya sudah berusaha untuk tampil terbaik, tapi ya kami memang hanya kalah sepersekian detik saja di sesi kualifikasi. Saya merasa kompetitif dan siap untuk kembali tampil kompetitif di sesi balap," sergah Quartararo.

Pembalap yang justru terlihat tampil konsisten yaitu Aleix Espargaro, kali ini akan mengawali balapan dari grid start ketiga. Ia pun merasa kompetitif apalagi dengan menggunakan kompon ban lunak yang selama ini Ia anggap kurang pas buat karakter motornya. Apakah Ia bisa kembali mendulang hasil bagus atau MotoGP Jerez justru jadi milik Pecco? Kita lihat saja besok.

Hasil Kualifikasi MotoGP Jerez:
1. Francesco Bagnaia, ITA, Ducati
2. Fabio Quartararo, FRA, Yamaha
3. Aleix Espargaro, SPA, Aprilia 


(uda)