MotoGP Argentina 2023

Bezzecchi Dulang Kemenangan Perdana di Trek Basah Argentina

Marco Bezzecchi akhirnya meraih kemenangan pertamanya di MotoGP sekaligus memimpin klasemen pembalap MotoGP 2023. MB
Marco Bezzecchi akhirnya meraih kemenangan pertamanya di MotoGP sekaligus memimpin klasemen pembalap MotoGP 2023. MB

Autogear.id - Pagelaran MotoGP di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina hari ini Minggu (2/4/2023) waktu setempat, mengukuhkan Marco Bezzecchi sebagai pemenang. Balapan yang berlangsung dalam kondisi trek ekstrim karena diguyur hujan yang tak berhenti, malah jadi berkah tersendiri bagi pembalap yang dengan nomor motor 72 itu. 

Mengambil alih posisi pertama di zona pengereman tikungan keempat, posisinya tak pernah tersusul sekalipun. Bahkan Ia sanggup menjauh dengan selisih waktu yang cukup besar yaitu nyaris menyentuh angka 7 detik dari Alex Marquez yang di pertengahan balapan bertarung untuk mempertahankan posisinya.

Kemenangan ini pun menjadi kemenangan pertamanya sejak ikut di kelas tertinggi balap motor dunia ini. Apalagi performanya sejak di sesi Sprint Race yang berlangsung dalam kondisi trek kering, sanggup meneempatkan diri sebagai yang tercepat di sesi balapan meski hanya meraih posisi podium.

"Hari ini Saya bangun dengan perasaan yang sedikit aneh. Ada perasaan bisa meraih hasil lebih baik dari hasil kemarin, dan terbukti pada saat menjalani sesi pemanasan pada pagi tadi, hasil waktu tercepat sangat baik. Tapi ini tetap sangat aneh, mengingat Saya tidak pernah tampil baik di kondisi trek basah. Tapi hari ini semuanya berjalan dengan sangat baik, performa motor terasa sempurna di kondisi ini hingga akhir balapan," bangga Bezzecchi. 

Baca Juga:
Tenaga dan Torsi Meningkat, Civic Type R Terbaru Cocok jadi Pure Sport?

Kemenangan ini pun mendongkrak posisi Bezzecchi di klasemen pembalap sementara dengan jumlah 50 poin. Ia unggul 9 poin dari pembalap kedua yaitu Francesco Bagnaia. Dominasi pembalap yang menggunakan motor Ducati di kondisi trek basah kali ini, juga ditunjukkan dengan baik oleh Johann Zarco. Pembalap asal Prancis itu sanggup tampil agresif menyusul 3 pembalap yang cukup jauh di depannya.

"Motorku sebenarnya kompetitif sejak awal balapan, tapi entah kenapa Saya tak bisa menekan lebih jauh untuk bisa menyusul pembalap di depan. Pada pertengahan balap, rasanya performa motor ini kian bagus sehingga Saya bisa menyusul pembalap lain dengan sangat cepat menjelang garis finish," kisah Zarco.

Tak kalah hebat dari dua pembalap di atas, pembalap tim Gresini Racing yaitu Alex Marquez, kali ini memberikan hasil terbaiknya. Ia harus pasrah meraih podium ketiga setelah grip ban belakangnya tak lagi mumpuni. "Saya hanya berupaya agar bisa memanfaatkan kondisi terbaik motor. Namun ketika ban sudah aus, Zarco menyusul dengan cepat dan hanya bisa mempertahankan posisi yang ada," ujar Alex Marquez.

Berkebalikan dengan kondisi di Sprint Race, duo pembalap yang bersinar di yaitu Brad Binder dan Francesco Bagnaia justru pasrah finish di dua urutan terbelakang. Keduanya terjatuh meski bisa ikut balapan lagi. Tapi posisinya sudah terlampau jauh di belakang.

Hasil MotoGP Argentina 2023:
1. Marco Bezzecchi, ITA, VR46 Ducati
2. Johann Zarco, PRA, Pramac Ducati
3. Alex Marquez, SPA, Gresini Racing


(uda)