Jelang MotoGP Spanyol

Lolos ke Q2 MotoGP Jerez, Bukti Peningkatan Adaptasi Marco dan Diggia

Marco Bezzecchi melihat peluang besar untuk tampil kompetitif di MotoGP Jerez. VR46
Marco Bezzecchi melihat peluang besar untuk tampil kompetitif di MotoGP Jerez. VR46

Autogear.id - Asa besar duo pembalap tim Pertamina Enduro VR46 Racing untuk bisa segera beradaptasi penuh dengan tunggangannya tahun ini, perlahan memperlihatkan ada peningkatan. Baik Marco Bezzecchi maupun Fabio Di Giannantonio, keduanya sanggup menempatkan diri di posisi 10 besar pada sesi latihan bebas hari pertama yaitu Jumat (26/4/2024). 

Menurut Marco, Ia mulai bisa memaksimalkan performa motornya lantaran bagian depan yang mulai bisa Ia adaptasi dengan baik. Sayangnya di sesi latihan hari pertama Ia sempat terjatuh dan kehilangan momentum mencetak waktu terbaiknya. Marco mencetak kombinasi waktu tercepat di urutan di urutan keempat.

"Ini adalah peningkatan adaptasi yang cukup baik. Masalah yang saya keluhkan sebelumnya yaitu motor tidak begitu stabil di tikungan dan bagian pengereman yang masih cukup jauh, kini mulai hilang. Apalagi menggunakan ban belakang tipe lunak, motor terasa sangat kompetitif. Pastinya Kami sudah memiliki basis yang kompetitif di sesi latihan ini, dan akan dieksplorasi lagi lebih jauh," ujar Marco usai menjalani sesi latihan hari pertama.

Sementara Diggia yang sempat mengalami kesulitan di sesi latihan pertama, di sesi kedua justru bisa tampil epik dengan pencapaian waktu tercepat di urutan ke-9. Selisihnya dari pembalap tercepat di sesi kedua hanya setengah detik dan ini menunjukkan Ia mulai bisa beradaptasi dengan karakter motornya.

Baca Juga:
PEVS 2024 Digelar 30 April - 5 Mei, Target Transaksi Minimal Rp400 Miliar

"Di sesi latihan pagi, rasa berkendara di motor ini sangat baik, meski momentum waktu tercepat masih belum baik. Namun target untuk lolos ke Q2 berhasil Kami capai. Saya berharap di sesi selanjutnya tidak ada perubahan cuaca sehingga Kami bisa memaksimalkan performa motor," imbuh Diggia.

Di tempat berbeda dan di momentum sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Werry Prayogi menegaskan bahwa di momentum seri keempat MotoGP 2024 ini, dirinya yakin bahwa kedua pembalap yang kini jadi wakil wajah Indonesia di balap dunia itu, bakal tampil epik. Apalagi saat melihat peningkatan dari seri ke seri yang mumpuni.
 
"Performa kedua pembalap tim Pertamina Enduro VR46 Racing yaitu Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio di seri sebelumnya, memperlihatkan bahwa mereka cepat beradaptasi dengan Ducati Desmosedici GP23. Keduanya menunjukkan peningkatan adaptasi yang bagus dengan meraih posisi finis keenam untuk Fabio dan posisi kedelapan untuk Marco di MotoGP Amerika. Saya optimis, dengan dukungan dari seluruh fans balap tim ini di Indonesia, keduanya bisa tampil bagus mulai di sesi latihan hingga sesi kualifikasi MotoGP di Jerez nanti,” ujar Werry Prayogi melalui keterangan resminya pada Jumat (26/4/2024).

Tentu akan menarik untuk melihat sejauh apa kedua pembalap ini bisa meraih hasil bagus di sesi kualifikasi hingga sesi Sprint Race yang bakal berlangsung di hari yang sama pada Sabtu (27/4/2024) nanti sore hingga malam waktu Indonesia.


(uda)