MotoGP Portugal 2023

Seteleh Marquez, Kini Oliveira juga Bakal Absen di MotoGP Argentina

Empat pembalap bakal absen di MotoGP Argentina 2023, RNF Aprilia tak terima hukuman Marquez sangat ringan. GPRI
Empat pembalap bakal absen di MotoGP Argentina 2023, RNF Aprilia tak terima hukuman Marquez sangat ringan. GPRI

Autogear.id - Setelah tim Repsol Honda yang melakukan konfirmasi absen Marc Marquez di seri kedua MotoGP 2023 di Termas de Rio Hondo, Argentina, kini tim RNF Aprilia pun melakukan konfirmasi absennya Miguel Oliweira. Absennya pembalap asal Portugal itu adalah buntut dari kecelakaan yang melibatkan dirinya atas kesalahan yang dilakukan Marquez di seri pertama. 

Absennya Oliveira di seri kedua ini menjadikan MotoGP Argentina diprediksi tak seseru di seri pertama. Mengingat terdapat 4 pembalap kuat yang harus absen di sana setelah Pol Espargaro, Enea Bastiannini, Marc Marquez dan terakhir dirinya.

Meski para pembalap sudah mulai kembali bersiap untuk seri berikutnya, namun polemik antar tim dan pembalap di MotoGP masih terus berlangsung. Termasuk sanksi yang diberikan kepada pembalap yang menjadi penyebab dari kecelakaan tersebut. Di antaranya adalah Marquez terhadap Oliveira dan Joan Mir terhadap Fabio Quartararo. 

Honda menilai bahwa apa yang dilakukan oleh pembalapnya itu sebenarnya murni dari kecelakaan dalam balapan dan tidak ada maksud untuk membuat pembalap lain kehilangan posisinya. Namun hal ini tidak membuat tim RNF Aprilia bergeming. Mereka bahkan menegaskan bahwa sanksi terhadap Marquez yang hanya diberlakukan 2 kalo long lap penalty tak cukup berarti.

Baca Juga:
Mobil Boks Kurang Gede, Hino Sulap Bus ini Jadi Bengkel

"RNF Aprilia merasakan bahwa hukuman yang dijatuhkan terhadap Marquez telah ditetapkan oleh Stewards atau pengawas balap MotoGP. Di sesi Sprint Race atau Main Race adalah balap yang penuh dengan performa tinggi dan intensitas sangat keras untuk memenangi balapan dengan cara apapun. Namun perilaku agresif, harusnya dihukum lebih berat apalagi membahayakan pembalap lain," tulis pernyataan tim RNF Aprilia dalam rilis resminya.

Mereka melanjutkan bahwa kejadian ini juga menjadi peringatan keras buat pembalap lain di semua kategori yaitu MotoGP, Moto2 dan Moto3 agar para pembalap lebih memperhatikan keselamatan diri sendiri dan pembalap lain. Caranya bisa dengan membuat hukuman yang diberikan lebih berat agar menjadi peringatan keras. 

Dengan terdapatnya 4 pembalap yang absen ini, menjadi kesempatan buat pembalap papan tengah lainnya untuk memperbaiki posisi di klasemen sementara pembalap MotoGP 2023. Meski perjalanan musim kompetisi masih terbilang sangat panjang, namun poin diklasemen sementara juga sangat penting untuk dimaksimalkan.


(uda)