Mobil Baru

Porsche Rilis Model Sport Classic Anyar Terinspirasi 911 Asli

Mobil ini milirp seri 911, namun Porsche mengakui menciptakan ini di segmentasi yang berbeda. Porsche Indonesia
Mobil ini milirp seri 911, namun Porsche mengakui menciptakan ini di segmentasi yang berbeda. Porsche Indonesia

Autogear.id – Dikabarkan, Porsche Exclusive Manufaktur bakal menghidupkan kembali 1.250 unit edisi terbatas dari gaya 1960 dan awal 70-an. Salah satunya lewat Porsche 911 Sport Classic terbaru, item koleksi kedua dari empat lainnya, yang disajikan melalui strategi desain heritage.

Mencoba menyerupai pendahulunya, 911 Sport Classic berbasis 997 yang diluncurkan pada tahun 2009. Tampilan model 911 klasik sport terbaru ini terinspirasi 911 asli, lansiran 1964 - 1973, dan 911 Carrera RS 2.7 lansiran 1972.

Vice President Individualization and Classic, Alexander Fabig, mengatakan model desain heritage mewakili konsep strategi produk yang paling didorong oleh perusahaan mereka secara emosional.

“Pendekatan unik ini melihat, bagaiman departemen desain gaya Porsche bekerja dengan Porsche Exclusive Manufaktur. Menafsirkan kembali model dan peralatan 911 dari tahun 1950 hingga 1980-an. Serta menghidupkan kembali ragam fitur desain dari dekade itu,” tuturnya.

Baca Juga:
Bikin Syok! Suzuki Tinggalkan MotoGP di Akhir Musim Nanti?

Sejauh ini pabrikan asal Jerman itu telah meluncurkan empat model edisi terbatas. Dimana yang pertama disajikan yaitu pada tahun 2020, melalui 911 Targa 4S Heritage Design Edition, mengusung elemen desain dari tahun 1950-an dan 1960-an.

Seperti halnya 911 klasik sport generasi 997 pertama, yang dirilis pada tahun 2009. Kemudian para desainer terinspirasi pengecatan warna Fashion Grey dari Porsche 356 awal.

"911 Sport Classic baru adalah kendaraan pertama yang menampilkan cat Sport Grey Metallic. Abu-abu tidak pernah membosankan, cukup sering menjadi warna pernyataan, dan selalu keren," ujar Vice President Style Porsche, Michael Mauer.

Sebagai alternatif dari sentuhan akhir, eksklusif kelir Sport Grey Metallic untuk varian baru ini juga tersedia dalam kelir Solid Black, Agate Grey Metallic, dan Gentian Blue Metallic. Atau Paint to Sample, berupa 3 (tiga) garis kembar dicat pada kap mesin, atap, dan spoiler belakang warna abu-abu tonjolkan desain nan sporty.

Bicara bodi lebar, jika tidak disediakan untuk model 911 Turbo, spoiler belakang tetap bergaya 'ducktail' Carrera RS 2.7 nan legendaris. Serta atap double-bubble yang seolah menggarisbawahi ciri khas 911 klasik sport anyar ini.

Pada ranah interior, pola Pepita yang ikonik bisa ditemukan pada panel pintu dan bagian tengah jok. Sementara area jok kulit konsep two-tone semi anilin dalam black/classic Cognac, mencoba memberi kesan kontras pada keseluruhan eksterior.

Model 911 terbaru ini diperkuat mesin flat-six 3.7 liter twin-turbo. Mentransmisikan 405 kW (550 PS) melalui roda belakang saja. Dikombinasi gearbox manual 7-kecepatan. Diklaim, model ini merupakan 911 manual paling bertenaga yang tersedia sekarang.

Gearbox-nya sendiri berfungsi auto-blip, mengkompensasi perbedaan kecepatan mesin antara gigi, dengan putaran singkat sewaktu perpindahan gigi ke bawah. Untuk sistem knalpot sport standar, secara khusus disesuaikan demi pengalaman suara yang lebih emosional.

Suspensinya berdasarkan model 911 Turbo dan 911 GTS. Berkat Porsche Active Suspension Management (PASM) standar, peredam kejutnya merespons perubahan secara cepat. Dikombinasi sebagai standar bersuspensi sport, dengan ketinggian berkendara 10 mm lebih rendah.


(uda)