Tips Keselamatan Berkendara

Waspadai Blind Spot Ketika Pakai Helm Full Face

Menggunakan helm full face, wajib memperhatikan sekelilng karena ruang blindspot kian besar. DAM
Menggunakan helm full face, wajib memperhatikan sekelilng karena ruang blindspot kian besar. DAM

Autogear.id – Buat mereka yang seringkali beraktivitas menggunakan roda dua, tentunya wajib menggunakan perlengkapan berkendara. Tujuannya adalah untuk membuat pengendara tetap aman dan nyaman, selama berkendara. Di samping juga dapat membuat bikers menjadi tampil lebih gaya.
 
Salah satu perlengkapan berkendara adalah helm. Berfungsi paling penting, untuk melindungi bagian kepala, sehingga riding gear ini harus selalu digunakan saat berkendara. Berbagai macam jenis helm bisa digunakan, mulai dari yang full face dan open face. Intinya, fungsi helm yang terutama adalah untuk melindungi kepala bagian belakang dan rahang.
 
Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma menjelaskan sewaktu memilih helm, pengendara wajib memastikan ukuran helm yang digunakan pas dengan kepala. “Tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar, karena jika tidak nyaman akan mengurangi keamanan dari helm itu sendiri,” katanya.
 
Pengendara juga dapat memilih model helm sesuai selera. Ataupun menyesuaikan dengan jenis motor yang digunakan. Apabila menggunakan motor dengan tipe sport, helm full face bisa jadi pilihan untuk digunakan. Menggunakan helm jenis helm full face, pengendara harus memperhatikan beberapa hal khusus selama berkendara. 

Baca Juga:
Jangan Beli Mobil Sebelum Lakukan Test Drive!

Karena ada beberapa kondisi yang harus disesuaikan dengan visibilitas pengendara, dan berisiko bahaya jika tidak diperhatikan. Pada dasarnya, helm jenis full face merupakan yang paling aman karena melindungi keseluruhan kepala bagian kepala. Namun ketika mengenakan helm ini, ada bagian kiri dan kanan pengendara yang menjadi blind spot atau titik buta lantaran terhalangi. 

Maka dari itu, untuk mengantisipasinya, selalu menjaga pandangan saat berkendara. Pastikan mata kita melihat arah yang akan dituju, agar mengetahui kondisi jalan atau potensi bahaya yang mungkin ada di sekitar. Sehingga dapat cepat mengambil keputusan, tanpa mengakibatkan salah prediksi keadaan.
 
“Meski demikian, tidak lupa, apapun jenis helm yang digunakan, tak kalah penting adalah pastikan kalau helm yang digunakan nyaman untuk kepala. Serta helm sudah memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI),” pungkasnya.
 
Ludhy pun kembali mengingatkan, jangan lupa untuk selalu menggunakan helm dan jaket disaat berkendara. Hendaknya tetap menerapkan perilaku berkendara yang baik di jalan raya.


(uda)