Autogear.id – Altic Indonesia Community (ALTIC) menggelar touring tahunan ke-13, diselenggarakan di daerah Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu-Minggu (16-17/11/2024).
Agenda anniversary ini dianggap satu gelaran nostalgia, momen kebersamaan saat mereka touring pada September 2016, bertajuk “Baturraden Journey-Purwokerto, Central Java”. Saat itu bertepatan pengukuhan Chapter wilayah “BARLINGMASCAKEB”.
Sebagai komunitas otomotif di bawah naungan Toyota Owner Club (TOC), ALTIC juga menyertakan kegiatan sosial bertajuk "Sharing is caring : It’s Time for Everyone". Seperti melaksanakan penanaman beberapa bibit pohon pinus di sekitar lokasi acara di Baturraden.
Tujuannya mengimbau masyarakat akan peningkatan udara bersih, membantu penyerapan karbon dioksida. Sejalan gerakan carbon fighter yang diusung “Toyota Carbon Fighter”. Sesuai kampanye It’s Time for Everyone, bertujuan mencapai netralitas karbon kendaraan para member dan masyarakat. Dua minggu sebelum touring ini digelar, para member juga menyantuni anak yatim di Panti Asuhan PYI Yatim Graha Raya, Bintaro, Tangerang.
Komunitas lawas ini juga turut berkolaborasi dengan Nasmoco Purwokerto, dalam menyediakan layanan baik servis mesin berkala, tune up, ganti oli, gurah mesin, cek rem 4 roda, serta uji emisi kepada para member dan masyarakat.
Uji emisi dilakukan di lokasi anniversary, Grand Kanaya, Purwokerto. Menciptakan kendaraan ramah lingkungan (eco-friendly). Pasalnya, bila tidak lolos uji emisi, berdampak negatif terhadap lingkungan. Seperti peningkatan polusi udara, penipisan lapisan ozon, hujan asam, dan perubahan iklim global.
Selain penonjolan esensi touring, dalam pelaksanaannya juga mengutamakan keselamatan dan keamanan berkendara. Dengan mengusung kembali “Left Lane Campaign”, yaitu sebuah kampanye yang menegaskan jalur kiri tol diperuntukkan kendaraan lambat, sementara jalur kanan untuk mendahului.
“Pada kegiatan ini kami berupaya untuk tetap konsisten, terus membawa dampak positif kepada masyarakat. Sekaligus meningkatkan solidaritas sesama member. It’s Time for Everyone, semua lapisan masyarakat juga akan kami imbau dalam kampanye ini, untuk keselamatan berkendara bersama,” ucap Ketua Umum, Muhammad Febriansyah Ibrahim.
Touring Baturraden kali ini melibatkan 200 peserta member bersama keluarga, dengan 120 kendaraan dari Chapter Banten, Bogor, Tangerang Raya, Bekasi, Bandung, Ciayumajakuning, Jawa Tengah, Barlingmascakeb, serta Region Jakarta, Bekasi, dan Depok.
ALTIC 13th Back To Baturraden berkolaborasi dengan Nasmoco Purwokerto, 70mai, D’Baldy Autoworks, MeongSpeed Garage, Solidstone, dan Vitalong-C. Serta didukung Toyota Astra Motor (TAM), Bank BNI, HSR Wheels, CPF-1, Turtle Wax, Kapal Api, Otoklix dan Bengkel BOS untuk menyampaikan kampanye “Well Behaved Driver”.
(uda)