Suzuki All New Ertiga AT Bikin Lebih Pede Melibas Tanjakan

Suzuki All New Ertiga AT Bikin Lebih Pede Melibas Tanjakan
Suzuki All New Ertiga AT Bikin Lebih Pede Melibas Tanjakan

Autogear.id – Suzuki All New Ertiga transmisi otomatis (AT) membuat tanjakan tak lagi jadi hambatan, benarkah demikian? Pasalnya, selama ini jalanan menanjak kerap menjadi tantangan bagi pengemudi, terlebih saat terjebak macet.

Risiko mobil mundur atau kurang tenaga ketika melaju sering dialami, khususnya pada kendaraan dengan transmisi otomatis. Sehingga dalam kondisi tersebut, pengemudi membutuhkan kendaraan yang tidak hanya nyaman tetapi juga andal untuk menghadapi medan bervariasi.

Terkait kemampuan All New Ertiga AT, diperkuat Asst. to Aftersales Dept. Head of Service PT Suzuki Indonesia Sales (SIS), Hariadi. Menurutnya, teknologi yang tepat membuat tanjakan bukan lagi hambatan. “Transmisi modern dan fitur cerdas pada mobil ini menghadirkan perjalanan lebih mulus, bahkan di jalanan menantang,” ujarnya.

All New Ertiga AT dirancang untuk memberi performa optimal, terutama di tanjakan. MPV keluarga ini juga dilengkapi fitur keselamatan canggih, memberi kenyamanan ekstra, bahkan saat macet. Berikut beberapa cara sederhana menghadapi tanjakan:

1. Gunakan Posisi Tuas Transmisi Otomatis dengan Tepat

Pastikan tuas transmisi berada pada posisi 'Drive' (D). Untuk tanjakan curam, gunakan mode L atau 2, supaya tenaga tetap terjaga tanpa perlu akselerasi berlebihan.

2. Manfaatkan Fitur Hill Hold Control (HHC)

Hill Hold Control (HHC) pada Ertiga AT terbaru sangat membantu sewaktu berhenti di tanjakan. Otomatis menahan rem selama beberapa detik, setelah pedal rem dilepaskan. Memberi waktu pengemudi pindahkan kaki ke pedal gas.

Lanjut Hariadi, keunggulan All New Ertiga AT terletak pada torque converter dalam sistem transmisi. Sistem hidrolik menggantikan kopling manual, untuk menyalurkan tenaga mesin ke transmisi. Keunggulannya sendiri meliputi:

a. Efisiensi Perpindahan Gigi

Torque converter membuat perpindahan gigi lebih halus dan responsif. Sistem hidrolik meminimalkan slip, bahkan di jalan menanjak atau saat macet.

b. Daya Tahan Tinggi

Suzuki merancang komponen transmisi AT agar lebih kuat dan tahan lama. Sistem ini tetap optimal dalam berbagai kondisi tanpa mudah aus.

c. Biaya Perawatan Terjangkau

Perawatan transmisi AT cukup sederhana yaitu cukup rutin mengganti oli transmisi sesuai buku petunjuk perawatan kendaraan.

Transmisi otomatis menghadirkan perpindahan gigi yang halus tanpa hentakan. Teknologi HHC menjaga mobil tetap stabil di tanjakan, kurangi risiko mundur. Bikin pengemudi lebih percaya diri.

Di samping praktis, pengemudi juga tak perlu menginjak kopling atau pindah gigi manual. Sistem hidrolik memudahkan perpindahan gigi, memungkinkan pengemudi tetap fokus tanpa terganggu beban teknis kendaraan.

Selain diadopsi All New Ertiga, sistem transmisi AT ini tersedia di model Suzuki lain, seperti New XL7, Grand Vitara, Baleno, hingga Jimny.


(uda)