Bisnis Otomotif

Rambah Jawa Timur, Tokoparts Genjot Jaringan Sasar Bisnis B2B

Tokoparts genjot perluasan jaringan agar bisa melebarkan bisnis B2B komponen otomotif. Dok MMKSI
Tokoparts genjot perluasan jaringan agar bisa melebarkan bisnis B2B komponen otomotif. Dok MMKSI

Autogear.id – Dalam usia yang seperti kata pepatah ‘masih seumur jagung’, Tokoparts sebagai merek bisnis PT Suku Cadang Oto Sejahtera, perusahaan rintisan Mitsubishi Corporation dan PT Putra Mandiri Jembar, Tbk. (DIPO Group), terus berusaha eksis tancapkan kuku di pasar suku cadang Tanah Air.

Berdiri Maret 2020, baru Nopember 2022 Tokoparts memulai bisnis melayani pelanggan. Kemudian secara resmi membuka kantor cabang dan pusat distribusi di Surabaya, Jawa Timur (18/2/2022).

Chief Executive Officer Tokoparts, Kosei Tamaki mengatakan, Tokoparts lebih berfokus pada bisnis B2B. Menyasar langsung para pebisnis bengkel, toko suku cadang, juga perusahaan fleet di Indonesia.

“Sejauh ini kami ingin tunjukkan eksistensi di industri pengadaan suku cadang kendaraan roda empat. Dengan terus berkembang dan berekspansi ke kota-kota di Indonesia. Setelah sebelumnya memulai langkah di Jabodetabek, sekarang saatnya menilik pasar di daerah lain”, terang Tamaki.

Baca Juga:
Sambut MotoGP Indonesia, Nih Oli Khusus Mandalika Series!

Surabaya dikatakannya merupakan kota pertama yang ada di dalam pipeline Tokoparts setelah Jabodetabek. Ke depannya mereka pun menargetkan pembukaan cabang di Makassar, Bandung, Semarang dan Medan.

“Kantor cabang Tokoparts di Surabaya rencananya akan berusaha meng-cover pebisnis bengkel di Jawa Timur dan sekitarnya, terkait akses pengadaan suku cadang orisinal, harga terjangkau serta pengiriman cepat”, tambahnya.

Tamaki kembali menjelaskan, keberadaan kantor cabang dan distribution center di Surabaya, sekaligus menjadi Tokoparts hub untuk pendistribusian dan penetrasi di kawasan Jawa Timur dan Bali.

Tokoparts menargetkan pertumbuhan 100 hingga 150 persen dengan kehadiran kantor cabang terbaru di Kota Pahlawan tersebut. Hingga kini Tokoparts coba menempatkan diri sebagai perusahaan penyedia suku cadang kekinian yang menawarkan one-stop shopping.

Baca Juga:
Mengenal Teknologi Transmisi CVT, Apa Untung dan Ruginya?

Sekarang Tokoparts telah memiliki lebih dari 32.500 produk dari sembilan suku cadang dan brand genuine, lebih dari 20 merek aftermarket, serta membantu lebih dari 1.000 bengkel mitra di Jabodetabek. “Kami berharap ada sekitar 500 bengkel dan toko suku cadang yang menjadi mitra Tokoparts dalam satu tahun mendatang”, tukas Tamaki.


(uda)