Hadir di GIIAS 2021, Hino Boyong Mobil Vaksin dan Bus R260

Hino Flexicab didesain menjadi mobil vaksin keliling  (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)
Hino Flexicab didesain menjadi mobil vaksin keliling (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)

Autogear.id - Mengangkat nuansa teknologi terkini dan kondisi terbaru pasca pandemi covid-19, tergambar dari booth Hino di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, 11-21 November.

Menempati lokasi pameran di Hall 7E ICE BSD, Tangerang, Hino memajang 1 unit mobil vaksin, dan 1 unit bus R260 beserta 1 gelondongan mesin berteknologi Euro4.

Masato Uchida, Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, Hino hadir untuk memberi dukungan kepada pemerintah dalam penanganan pandemi covid 19 di tengah - tengah masyarakat. 

Dukungan tersebut berupa Hino Dutro 110 SDBL-Flexicab, yang didesain tampil berbentuk unit mobil vaksin keliling. 

Hino Flexicab merupakan varian microbus yang didesain dalam bentuk kendaraan utuh atau sasis, mesin dan bodi yang siap digunakan konsumen. 

BACA: Bus AKAP Ini Jadi Pilihan Karena Sejumlah Keunggulan, Apa Saja?

“Model Hino Flexicab mobil vaksin keliling telah dilengkapi peralatan vaksinasi, yang siap menjangkau daerah-daerah di Indonesia. Guna mendukung program percepatan vaksinasi, yang ditargetkan 270 juta dosis vaksin hingga akhir 2021” ungkap Uchida, Kamis (11/11). 

Adapun unit kedua, yang dihadirkan Hino di booth mereka yang terlihat lebih padat dan minimalis dibanding GIIAS sebelumnya, adalah unit Hino Bus R260.
Varian Hindo Bus R260, dikatakan Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer HMSI, siap berkontribusi untuk transportasi di Indonesia. Baik itu perjalanan antar kota antar propinsi (AKAP), maupun mendukung bisnis pariwisata.

“Semakin terkendalinya kondisi pandemi, dan mulai menggeliatnya era new normal dalam konteks berpergian. Diharapkan bisnis transportasi penumpang akan pulih di tahun depan”, tukasnya. 

Bus Hino R260 yang mejeng di GIIAS 2021 ditempeli bodi terbaru hasil karya karoseri Tentrem. Keseluruhan bodi bus menggunakan aluminum lebih ringan. Serta dilengkapi mirror camera 360, untuk mempermudah bus bermanuver. 

Generasi terbaru dari bus ini tampak membawa desain ergonomis dan aerodinamis. Menyatu dengan keindahan lekuk bodi, tawarkan tampilan modern dan eksklusif. Di samping tentunya menjamin keamanan dan kenyamanan buat semua penumpang dan awaknya.

BACA JUGA: GIIAS 2021 Resmi Dibuka, Ada Apa Saja?

Kemudian benda lain yang dipamerkan Hino dalam GIIAS kali ini adalah, teknologi mesin common rail terbaru J08E, berstandar emisi Euro 4. Dipamerkan juga beberapa suku cadang dari mesin common rail. Sebagai bentuk kesiapan Hino, bila Euro4 mulai diimplementasikan April 2022.

Mesin terbaru J08E di dalamnya telah disematkan Variable Nozzle Turbocharger (VNT). Hino mengklaim adanya VNT dapat membuat energi yang dihasilkan dari proses pembakaran akan lebih optimal. 

Tak ketinggalan, Hino juga menyiapkan sistem kendali emisi seperti EGR (Exhaust Gas Recirculation) system. Sebuah sistem yang berguna, untuk menurunkan kadar Nox pada gas buang yang berbahaya, terutama bagi pernapasan manusia.


(acf)