TMMIN Sumbang 17 Unit Innova Ambulans dan Bangun Kampung Siaga Covid 

Gubernur DKI Jakarta,, Anies Baswedan menerima donasi berupa mobil Ambulans dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (Foto: TMMIN)
Gubernur DKI Jakarta,, Anies Baswedan menerima donasi berupa mobil Ambulans dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (Foto: TMMIN)

Autogear.id - Mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) turut membantu melakukan program vaksinasi nasional, kepada masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Salah satunya, di kawasan Pantai Cibuaya, Pangkalan dan Segaran, Karawang, Jawa Barat.

Pada beberapa wilayah pelosok Karawang tersebut, TMMIN berkolaborasi bersama Pemkab, Kodim, Polres, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Karawang, memberikan vaksinasi gratis massal kepada 1.500 warga, serta 1.000 paket sembako, Minggu (8/8).

Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN menyampaikan, di tengah mobilitas dan interaksi masyarakat yang dinamis, penyebaran dan percepatan program vaksinasi yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat sangatlah penting.

"Termasuk di wilayah pelosok, yang bertujuan membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) untuk mengurangi dan mengentaskan pandemi Covid-19. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami, untuk terus mendukung penuh upaya pemerintah mencegah penyebarannya serta memberi perlindungan bagi masyarakat,” urainya.

TMMIN juga telah melakukan beragam aktivitas donasi mobilitas, dan alat pelindung diri yang dimaksudkan untuk meringankan beban masyarakat dan pemerintah. 

Contohnya, sebanyak 17 unit Kijang Innova ambulans, dan lebih dari 150.000 Alat Pelindung Diri (APD) telah didistribusikan. APD tersebut terdiri dari baju hazmat, pelindung wajah, dan masker. 

Pendistribusiannya dilakukan kepada Palang Merah Indonesia (PMI), Kementerian Kesehatan Indonesia, Pemprov DKI Jakarta, Pemkab Karawang, Pemkab dan Pemkot Bekasi, Pondok Pesantren, serta warga sekitar.

Selain itu, di luar kerja sama dengan beberapa supply chain, TMMIN juga menggandeng berbagai kalangan. Antara lain Universitas Indonesia, dan Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta. Terkait pengembangan berbagai APD seperti face mask, flocked swab, medical google, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield.

Kemudian, sebagai inisiatif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan Covid-19 dan tindakan pencegahannya kepada lingkungan, maka sejak September 2020 TMMIN juga telah menyelenggarakan program Kampung Siaga Covid (KSC).

KSC sendiri merupakan program yang memfasilitasi karyawan TMMIN, untuk menjadi agen perubahan. Yang mendorong pengembangan dan kemandirian masyarakat, dalam mengorganisir seluruh sumber daya untuk melawan Covid-19. 

Hingga saat ini telah berdiri tak kurang 100 KSC, yang tersebar di wilayah Karawang, Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Depok.


(acf)