Edisi Baru Porsche Taycan GTS, Sporty All Rounder

Edisi Baru Porsche Taycan GTS, Sporty All Rounder
Edisi Baru Porsche Taycan GTS, Sporty All Rounder

Autogear.id - GTS adalah singkatan dari Gran Turismo Sport. Sejak Porsche 904 Carrera GTS tahun 1963, tiga huruf ini telah menikmati reputasi khusus di kalangan penggemar Porsche. Sekarang ada juga varian dalam jajaran model Taycan, dengan kombinasi huruf legendaris ini. Dimana Taycan GTS baru tersedia versi sedan sport dan Sport Turismo.

Sebagai sporty all-rounder, Taycan GTS tampil mengesankan dengan tenaga overboost hingga 515 kW saat menggunakan Launch Control, atau 75 kW lebih besar dari pendahulunya. Dengan fungsi push-to-pass 2 yang baru dalam paket Sport Chrono standar, dorongan hingga 70 kW dapat dipanggil selama 10 detik dengan satu sentuhan tombol.

Pada Taycan GTS, push-to-pass juga memiliki karakter yang sangat sporty, karena pada kecepatan rendah torsi dinaikkan ke level Launch Control. Seperti pada Taycan Turbo GT, peningkatan ditunjukkan oleh penghitung waktu mundur di kluster instrumen. Kemudian ditampilkan secara dinamis dengan animasi lingkaran pada speedometer.

Sedan sport Taycan GTS dan Taycan GTS Sport Turismo mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam hanya dalam waktu 3,3 detik, atau lebih cepat 0,4 detik dari pendahulunya. Sedan sport ini hanya membutuhkan waktu 10,4 detik, untuk menyelesaikan sprint dari 0 hingga 200 km/jam, atau lebih cepat 1,6 detik dari sebelumnya. Jarak tempuhnya juga telah ditingkatkan lebih dari 120 kilometer, dan saat ini mencapai 628 kilometer dalam WLTP.

Diberi Profil Suara Serupa Turbo S

Untuk menyesuaikan dengan karakter GTS yang menggairahkan, GTS diberi profil suara yang lebih khas, serupa dengan Taycan Turbo S. Fitur suara ini membedakannya dari model Taycan lainnya. Eksterior dan interiornya juga sama khasnya. Banyaknya detail warna Black atau Anthracite Grey pada eksterior merupakan ciri khas GTS.

Hal baru pada Taycan GTS dibandingkan dengan pendahulunya adalah apron depan dan belakang berdesain Sport, dengan inlay yang dicat warna Black (high-gloss). Warna ini juga digunakan pada bagian dasar kaca spion eksterior. Di sisi lain, velg standar Taycan Turbo S Aero Design dalam format 20 inci, dan velg opsional RS Spyder Design dalam format 21 inci dicat secara eksklusif, dalam warna Anthracite Grey pada GTS.

Banyak bahan di interior yang diadopsi dari model Taycan Turbo GT. Sebagai contoh, model Taycan GTS hadir sebagai standar dengan cakupan lebih luas dalam Race-Tex sporty dan elemen-elemen dari kulit hitam yang halus.

Tersedia pula Adaptive Sports Seats Plus (dengan penyesuaian 18 arah secara elektrik), setir sport multifungsi GT dengan mode switch dan penghangat setir, serta paket Sport Chrono, termasuk fungsi push-to-pass dan track mode.

Kombinasi PASM dan PTV Plus

Roda kemudi sport multifungsi GT, yang sudah tidak asing lagi bagi model Taycan Turbo GT, tersedia dalam balutan warna hitam Race-Tex berdasarkan permintaan. Setir ini memiliki dua mode switch dan paddle, untuk fungsi push-to-pass, serta untuk pengisian ulang energi.

Selain warna Carmine Red, paket interior GTS opsional kini juga tersedia dalam warna Slate Grey Neo. Logo Taycan GTS ditampilkan di kluster instrumen, meteran listrik, dan grafik start. BOSE® Surround Sound System adalah standar.

Sasis khusus GTS dan kemudi gandar belakang opsional memberikan kesan sporty. Suspensi udara adaptif termasuk Porsche Active Suspension Management (PASM), dikombinasikan dengan Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus) sebagai standar.

Sistem kontrol suspensi Porsche Active Ride dengan penyetelan khusus GTS, tersedia sebagai opsi. Dalam situasi berkendara dinamis, sistem ini memastikan koneksi hampir sempurna ke jalan, berkat distribusi beban roda optimal dan individual untuk setiap roda. Selain itu, Porsche Active Ride menawarkan kenyamanan berkendara lebih baik dalam situasi berkendara sehari-hari.


(uda)