Model Kendaraan Ini Masih Merajai di Segmen Pick Up

Suzuki New Carry sebagai kendaraan niaga ringan masih merajai segmen pick up - SIS
Suzuki New Carry sebagai kendaraan niaga ringan masih merajai segmen pick up - SIS

Autogear.id - Kendaraan komersial ringan Suzuki yang dikenal sebagai “Rajanya Pick Up”, yakni New Carry, berhasil menjadi salah satu produk yang mendominasi dan mengungguli penjualan kendaraan komersial ringan secara nasional.

Seperti dilansir dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), New Carry meraih angka total penjualan retail selama setahun kemarin sebesar 44.391 unit. Sekaligus berkontribusi sebesar 54 persen untuk penjualan retail Suzuki secara keseluruhan.

Performa penjualan yang positif ini kiranya dipengaruhi pula oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia. Turut meningkatkan produktivitas bisnis para pelanggan kendaraan komersial Suzuki. Menilik data dari Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2023 menunjukkan hasil positif, berada di kisaran 4,5-5,3 persen.

Asst. to Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Randy R. Murdoko mengungkapkan, capaian New Carry sebagai kendaraan niaga ringan yang menjadi andalan untuk mendukung wirausaha di tanah air membuat pihaknya gembira. 

“Selain kendaraan passenger yang turut memberikan catatan penjualan positif terutama melalui kendaraan hybrid, kendaraan komersial Suzuki melalui New Carry juga merajai penjualan retail kendaraan komersial ringan secara nasional,” terangnya. Sepanjang 2023, mobil ini berhasil mendominasi market share penjualan low pick up nasional sebesar 49 persen.

Menjadi primadona untuk kendaraan komersial ringan, sebagian besar konsumen memilih New Carry lantaran sejumlah faktor pemikat perhatian. Antara lain desain yang fleksibel, dengan daya angkut besar mencapai 1 ton. Serta ukuran bak yang luas, untuk membawa berbagai barang bawaan.

Membuatnya sangat diminati pelaku bisnis dan pengusaha di Indonesia, khususnya untuk daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang menjadi kontributor utama penjualan New Carry sebesar 27 persen.

Mobil komersial ini juga memiliki daya tarik besar di daerah lain, seperti Jawa Tengah & Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, serta Bali. Karena dinilai kefungsionalitasannya dalam mendukung bisnis para wirausahawan sehari-hari. Selain itu, ketersediaan layanan service point yang menjangkau daerah terpencil, dengan jarak hingga 30 Km dari pusat kota, juga menambah rasa tenang pemiliknya.

“Peningkatan penjualan pada bulan Desember sebesar 26 persen, serta hasil yang positif terhadap total penjualan New Carry membawa semangat bagi Suzuki melangkah di tahun yang baru. Terima kasih kepada seluruh pelanggan setia, dan New Carry telah teruji sebagai rekan usaha tangguh dan dapat diandalkan,” tutup Randy.


(uda)