Pertama Kali Tarung di Benua Eropa, Arbi Siap Juarai Moto3 Catalunya 

Pertama kali tarung di Benua Eropa, Arbi siap juarai Moto3 Catalunya, Spanyol - AHM 
Pertama kali tarung di Benua Eropa, Arbi siap juarai Moto3 Catalunya, Spanyol - AHM 

Autogear.id – Setelah perjuangan cukup panjang, akhirnya pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Fadillah Arbi Aditama berkesempatan tarung di kelas Moto3, di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol (25-26/5/2024). Ini adalah kesempatan pertamanya bertanding di kejuaraan dunia yang digelar di benua Eropa. Bersaing dengan para pembalap level dunia, bareng Honda Team Asia.

Pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah alumni Astra Honda Racing School (AHRS) tahun 2019 ini memang memiliki catatan yang baik di sirkuit Catalunya. Tahun lalu, ia berhasil menapaki podium pertama, sewaktu bersaing di FIM JuniorGP.

Seri Catalunya sendiri adalah momen kedua buat Arbi turun sebagai wildcard di ajang Moto3. Tahun lalu ia juga bersaing sebagai wildcard di sirkuit Mandalika, Lombok, dan mengantongi finish di posisi ke-17.

“Saya sangat senang bisa bertarung di Moto3 World Championship Catalunya. Terima kasih kepada AHRT, Junior Talent Team, dan Honda Team Asia. Saya memang sempat cidera dan melewati dua putaran balap di FIM JuniorGP. Bersyukur dapat mengikuti balapan berikutnya di Catalunya, satu minggu sebelum jadwal GP. Saya akan berusaha sebaik mungkin membanggakan Indonesia di sana,” ujarnya.

Sosok pembalap, yang memulai karir balap internasionalnya di ajang Asia Talent Cup musim 2021 saat berusia 15 tahun, saat ini bersaing di FIM JuniorGP. Potensi menjanjikan ia pertontonkan. Sehingga mendapat kesempatan bersaing di ajang FIM JuniorGP hingga saat ini.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan, potensi Arbi dalam bersaing di lintasan balap diyakini dapat memberikan kebanggaan bangsa di ranah balap internasional.

“Kemampuannya dari segi kemampuan balap, fisik, maupun mental kian terasah. Kami yakin ia dapat bersaing dengan gigih dan kompetitif, berhadapan dengan para pembalap Moto3 yang sudah pengalaman,” ujar Andy.

Selain Arbi, dalam ajang kejuaraan balap dunia ini juga terdapat alumni AHRS lain yakni Mario Suryo Aji yang bersaing secara reguler di kelas Moto2 World Championship bareng Honda Team Asia. Seri Catalunya ini berpeluang sebagai momen kembalinya pemuda asal Magetan, Jawa Timur tersebut. Usai absen di seri Le mans, Perancis karena menjalani operasi lengan.

Pada dasarnya, kesempatan sebagai pembalap wildcard maupun reguler di ajang balap dunia kelas Moto2 dan Moto3 telah dilakoni jajaran alumni AHRS. Selain Arbi dan Mario, di antaranya Andi Farid Izdihar yang biasa dikenal sebagai Andi Gilang, dan Gerry Salim. Saat ini, alumni AHRS lainnya pun tengah berjuang di ajang kompetisi bergengsi lain, seperti Asia Talent Cup dan Asia Road Racing Championship.


(uda)