Pameran Otomotif IIMS 2023

Ikon Rally WRX jadi Jagoan Subaru di IIMS 2023, Apanya yang Istimewa?

Subaru WRX yang merupakan ikon balap reli, versi terbarunya nongol di IIMS 2023. SI
Subaru WRX yang merupakan ikon balap reli, versi terbarunya nongol di IIMS 2023. SI

Autogear.id – Subaru Indonesia memang baru kembali ke pasar otomotif Indonesia, namun mereka tak sungkan untuk meluncurkan ragam produk terbarunya. Seperti yang terlihat di pameran otomotif IIMS Boost 2023. Berlokasi di Hall D8 JIExpo Kemayoran, Jakarta, mereka dengan meluncurkan Ikon Rally Subaru WRX. 

Terdapat 2 model Subaru WRX yang mereka boyong di acara ini. Mobil reli dengan Turbocharged-Boxer Engine, All-wheel Drive (AWD) dengan handling, tenaga, torsi, dan akselerasi meningkat dibanding generasi sebelumnya, The all-new Subaru WRX janjikan pengalaman Rally Car yang ikonik, lengkap dengan reliabilitas dan safety khas Subaru. 

Touring Wagon terbaru dari model WRX hadir dengan desain sporty dan performa tercanggih dalam hampir 20 tahun sejarahnya sejak diluncurkan pada tahun 1992. Kemudian ada juga versi Wagon yang hadir secara resmi di Indonesia untuk pertama kalinya. Dengan Subaru Core Technology terbaru seperti Symmetrical All-Wheel Drive, Subaru Global Platform, Boxer® Engine dan EyeSight®. 

“Hari ini menjadi hari yang istimewa bagi Subaru Indonesia, karena selain berpartisipasi di gelaran pameran IIMS ini Subaru kami juga optimis dengan hadirnya The all-new Subaru WRX. Dalam bentuk Sedan dan Wagon, serta beragam fitur dan teknologi terbaru, kami percaya bahwa model ini akan secara substansial menghidupkan kembali sejarah panjang Subaru di dunia Motorsport," papar Chief Operating Officer, Subaru Indonesia, Arie Christopher saat meluncurkan produk barunya itu di hari pertama IIMS pada Kamis (16/2/2023).

Baca Juga:
Ikatan Motor Indonesia Sepakati Jokowi jadi Bapak Otomotif Indonesia

Ia juga mengatakan bahwa WRX adalah simbol kendaraan high-performance Subaru sejak model ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1992. Pada IIMS 2023, the all-new Subaru WRX diperkenalkan dengan 2 varian transmisi. Harganya dimulai dari Rp849,5 juta hingga Rp1 miliar. 

Mesin Boxer 2.4 Liter Turbo sanggup menghasilkan tenaga 275ps dan 350Nm. Puncak torsi dapat mulai dirasakan di 2.000 rpm. Memiliki keseimbangan antara power dan penggunaan harian yang halus, serta konsumsi bahan bakar yang efisien.

Tersedia 2 tipe transmisi, Manual 6-percepatan dan Automatic 8-percepatan Subaru Performance Transmission (SPT) yang memungkinkan penyaluran tenaga ke empat (4) roda berjalan dengan lebih responsif didukung dengan Variable Torque Distribution AWD system yang menawarkan upshift lebih cepat 30% dan downshift lebih cepat 50% jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Subaru Global Platform yang meningkatkan torsional rigidity hingga 28% dan penggunaan material adhesive tambahan di body wagon yang memungkinkan manuver tajam sama seperti body sedan. Total delapan warna pilihan; World Rally Blue, Solar Orange Pearl, Ignition Red, Sapphire Blue Pearl, Ceramic White, Ice Silver Metallic, Magnetite Grey Metallic, dan Crystal Black Silica.

Baca Juga:
Awas Tergoda CK 3 Kalau Main ke Booth Asuka!

Sementara varian transmisi otomotis juga telah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif Subaru EyeSight® generasi terbaru. Fitur ini mencakup: Pre-Collision Braking, Autonomous Emergency Steering, Emergency Lane Keep Assist, Lane Departure Prevention, Lane centering Control / Preceding Vehicle Adaptive Steering Control, Adaptive Cruise Control dan Reverse Automatic Braking (RAB)

Kemudian ada juga Subaru Rear Vehicle Detection, Blind Spot Detection (BSD) / Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert. Adapun untuk pertama kalinya hadir pada lini Subaru di Indonesia teknologi Driver Monitoring System yang membaca data biometric muka pengendara untuk menyesuaikan driver profiles (pengaturan bangku, entertainment dan sudut spion), serta fungsi warning jika pengemudi mengantuk.

Subaru WRX M/T (manual) ditawarkan dengan harga Rp. 849.500.000,- 
Subaru WRX tS A/T EyeSight® ditawarkan dengan harga Rp. 949.500.000,- 
Sedangkan untuk the all-new Subaru WRX Wagon diperkenalkan dengan 2 varian trim: (on-the-road Jakarta)
Subaru WRX Wagon GT-S EyeSight® ditawarkan dengan harga Rp. 975.500.000,- 
Subaru WRX Wagon tS EyeSight® ditawarkan dengan harga Rp. 1.029.500.000,- 

Selain WRX, APM ini juga memboyong Forester yang memang punya spesifikasi khusus untuk penggunaan di segala kondisi jalan yang cocok dengan kondisi Indonesia. Tentu ini jadi pilihan menarik lantaran banyak orang yang mulai beralih menggunakan SUV ketimbang kendaraan seperti sedan ataupun MPV.


(uda)