Formula 1 Australia 2023

F1 Australia Penuh Drama, Podium Diisi Para Juara Dunia

Max Verstappen menangi F1 Australia, podium diisi oleh para juara dunia F1. Red Bull CP
Max Verstappen menangi F1 Australia, podium diisi oleh para juara dunia F1. Red Bull CP

Autogear.id - Pertarungan para pembalap di ajang balap Formula 1 Australia 2023 yang berlangsung pada Minggu (2/4) di Sirkuit Albert Park, Australia tidak hanya menyajikan pertarungan alot para pembalap. Namun juga menyajikan banyak drama dengan dikibarkannya red flag sebanyak tiga kali. Bagian yang paling parah adalah ketika red flag kedua dikibarkan.

Balapan yang tersisa 3 lap lagi, justru menjadi kacau karena beberapa pembalap justru saling bersenggolan. Pembalap yang mengalami nasib sial di antaranya adalah Fernando Alonso, yang tersenggol mobil milik Carlos Sainz, Sergio Perez yang harus kehilangan posisi karena melebar ke gravel, kemudian duo pembalap tim Alpine malah mengalami kerusakan parah di mobilnya. 

Hal ini membuat direksi balapan harus kembali mengibarkan bendera merah dan balapan tetap dilanjutkan dengan kawalan safety car. Max Verstappen yang memenangi balapan merasakan bahwa balapan kali ini jadi kemenangan terbaiknya sejauh di awal 2023. Mengingat ini menjadi balapan yang pertama kali Ia menangi di Sirkuit Albert Park, Australia. 

"Senang rasanya meski balapan berlangsung dramatis. Ini adalah pengalaman balapan yang menyenangkan karena ini menjadi balapan pertama yang Saya menang di Albert Park. Performa mobil ini sebenarnya sangat luar biasa, tapi ketika di awal balapan ada sedikit perasaan khawatir mobil ini mengalami masalah, tapi ternyata Kami berhasil melewati semua masalah yang ada meski balapan berlangsung dramatis," klaim Verstappen.

Baca Juga:
Start 15, Binder Pecundangi Ducati di Sprint Race MotoGP Argentina

Lewis Hamilton yang finish di urutan kedua juga merasakan bahwa kali ini Ia cukup optimis setelah sekian lama mobilnya tidak bisa tampil kompetitif. Tapi kali ini benar-benar Ia buktikan dengan performa yang terbaik. 

"Di pertengahan balapan Saya melihat peluang besar untuk menyusul Verstappen yang memimpin jalannya balapan. Tapi memang harus diakui Ia masih unggul dengan performa mobilnya. Terpenting adalah proses yang Kami lalui untuk membuat mobil ini jadi lebih kompetitif dari waktu ke waktu. Terimakasih banyak buat tim yang sudah bekerja tanpa henti untuk membuat mobil ini bisa bertarung lagi untuk menang," ujar Hamilton. 

Sementara Alonso yang awalnya merasa dirugikan karena Carlos Sainz menyenggol mobilnya dan terjadi kekacauan di momentum restart pasca redflag pertama, juga merasa senang dengan keputusan direksi balapan untuk mengembalikan posisinya. Mengingat banyak pembalap yang mengalami kekacauan posisi dan beruntung hal ini tak berpengaruh setelah dilakukan revisi. 

Hasil F1 Australia 2023:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
2. Lewis Hamilton, ING, Mercedes GP
3. Fernando Alonso, SPA, Aston Martin Racing


(uda)