Ducati Multistrada V4 RS, Ketika Superbike Bertemu Touring

Ducati Multistrada V4 RS, Ketika Superbike Bertemu Touring
Ducati Multistrada V4 RS, Ketika Superbike Bertemu Touring

Autogear.id - Ducati Indonesia meluncurkan Multistrada V4 RS, di Hall 10, ICE BSD City, Tangerang, Jumat (16/8) malam. Multistrada V4 RS diklaim adalah Ducati yang tidak hanya ideal untuk perjalanan jauh dan jalanan berliku, juga dapat menjajal lintasan sirkuit.

Menggabungkan elemen Superbike dan Touring, motor baru ini dikatakan menjadi model Ducati paling sporty, canggih, dan eksklusif saat ini. Diproduksi dalam seri bernomor, dilengkapi mesin Desmosedici Stradale. Tawarkan performa unik dengan kopling kering dan silencer Akrapovi?, didukung suspensi Öhlins dan forged rims.

“Merupakan pilihan tepat bagi pemotor berjiwa petualang, menginginkan kendaraan serbaguna untuk aktivitas harian maupun rekreasi. Ditenagai mesin turunan Panigale V4, motor multipurpose ini adalah epitome ketika Superbike bertemu dengan Touring,” ucap CEO Ducati Indonesia, Jimmy Budhijanto.

Tunggangan ini memadukan desain khas Multistrada dengan teknologi balap supersport khas Borgo Panigale. Diperkuat komponen serat karbon pada area spakbor depan, hand guard, heat shield, dan "paruh" depan, yang memberi kontras menarik dengan livery Iceberg White.

Ekor techno-polymer ringan dan rangka penyangga jok titanium, menonjolkan tampilan sporty dan mengurangi bobot hingga 2,5 kg. Diproduksi dalam seri bernomor, kendaraan ini menampilkan nomor unik pada pelat aluminium anodized hitam dengan bendera Italia.

Mesin Superbike

Produk ini adalah satu-satunya di keluarga Multistrada yang gunakan mesin Desmosedici Stradale 1.103 cc. Gabungkan kemudahan berkendara khas Multistrada, dengan karakter sporty Panigale dan Streetfighter.

Mesinnya hasilkan daya maksimum 180 hp dengan pembatas pada 13.500 rpm. Didukung filter udara Panigale V4 R, memberi performa optimal. Suara knalpot bergetar seperti Superbike saat akselerasi tinggi, namun dengan keseimbangan tetap terjaga khas Multistrada.

Untuk mengoptimalkan performa Desmosedici dengan akselerasi lebih besar, motor ini gunakan rasio akhir yang dipendekkan, tanpa mengubah rasio gigi. Dilengkapi kopling kering STM-EVO SBK dari aluminium billet. Memperkaya suara knalpot dengan timbre logam khas dan meningkatkan performa.

Tingkatkan kenyamanan termal, Desmosedici Stradale dirancang untuk menonaktifkan bank belakang saat motor berhenti, dalam keadaan netral, dan suhu mesin di atas 70°C. Selain itu, untuk kenyamanan lebih pada hari-hari lebih dingin, saluran udara segar yang mengalir ke kaki pengendara dapat ditutup. Interval perawatan untuk memeriksa celah katup pada Multistrada V4 RS adalah setiap 30.000 km.

Elektronik

Diimbuhi paket elektronik canggih dari Multistrada V4 S, termasuk teknologi radar depan dan belakang untuk Adaptive Cruise Control (ACC) dan Blind Spot Detection (BSD). Sistem elektroniknya terdiri dari 4 Mode Daya (Penuh, Tinggi, Sedang, Rendah).

Kontrol Traksi Ducati (DTC), Kontrol Wheelie Ducati (DWC), Kontrol Rem Mesin (EBC), dan Ducati Quick Shift (DQS) Up&Down, dikalibrasi untuk empat Mode Berkendara. Yakni Race, Sport, Touring, dan Urban.

Model ini juga memperkenalkan Mode Daya Penuh untuk pertama kali dalam keluarga Multistrada, tawarkan daya maksimum di semua gigi. Selain itu, panel instrumen TFT 6,5" sajikan grafis khusus dan mendukung Ducati Connect. Memungkinkan peta navigasi dan mirroring perangkat seluler, dengan kompartemen smartphone yang dilengkapi ventilasi paksa untuk mendinginkan ponsel selama penggunaan intensif.

Rangka dan Ergonomi Bodi

Rangka Multistrada V4 RS dirancang dengan roda depan 17", rangka aluminium monokok dan roda aluminium tempa Marchesini yang lebih ringan, tingkatkan dinamika kendaraan. Ban Diablo Rosso IV Corsa memberi daya cengkeram optimal.

Suspensi Öhlins Smart EC 2.0 memastikan dukungan dalam berbagai kondisi berkendara. Sistem pengereman dari Panigale V4 dilengkapi cakram dan kaliper Brembo, memberi daya dan modulasi superior. Ergonomi lebih sporty dengan pijakan kaki lebih tinggi, stang lebih rendah, dan baterai ringan memberi pengalaman berkendara optimal.


(uda)