NGK Busi Tawarkan Solusi Bikin Kendaraan Melesat Layaknya di Sirkuit

NGK Busi Tawarkan Solusi Bikin Kendaraan Melesat Layaknya di Sirkuit
NGK Busi Tawarkan Solusi Bikin Kendaraan Melesat Layaknya di Sirkuit

Autogear.id – NGK Busi Indonesia tercatat sebagai pemimpin pasar busi di Indonesia. Deretan busi-busi NGK banyak digunakan pada kendaraan premium dan eksotis dari seluruh penjuru dunia. Menunjukkan kelasnya sebagai produsen dan supplier busi terbesar di dunia.

Tidak hanya itu, NGK Busi Indonesia juga menawarkan busi untuk balap mobil dan motor, busi Racing Competition. Busi NGK ini dirancang untuk kondisi ekstrem pada mesin balap, dan dapat digunakan untuk motor maupun mobil.

Komponen busi tersebut memiliki fitur elektroda khusus dan tersedia dalam rentang panas yang lebih dingin, untuk mesin yang dimodifikasi. Selain itu, NGK juga memiliki busi dengan performa tinggi seperti Iridium IX yang juga bisa menjadi pilihan untuk balap, terutama pada mesin yang membutuhkan pengapian optimal. 

Busi NGK Racing Competition

Dirancang khusus untuk balap, dibuat untuk kondisi mesin ekstrem di lintasan balap profesional. Fitur utamanya memiliki elektroda khusus yang dapat bertahan dalam kondisi ekstrem, termasuk pada mesin yang sudah dimodifikasi.

“Busi jenis ini memiliki rentang panas yang condong lebih dingin, untuk menyesuaikan dengan aplikasi mesin balap yang dimodifikasi,” kata Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia, selaku distributor NGK Busi di Indonesia, Diko Oktaviano, dalam sebuah kesempatan.

Adapun contoh tipe busi ini adalah NGK R0451C-10 khusus untuk motor, atau tipe B9EG dan B8EG serta tipe lain yang dikhususkan untuk balap. 

Busi NGK Iridium IX

Memiliki performa tinggi, karena menggunakan material iridium untuk meningkatkan performa dan torsi pada mesin balap.

“Pengapiannya presisi, lantaran memiliki elektroda tengah yang lebih kecil dari busi standar untuk pengapian yang lebih presisi,” lanjut Diko lagi

Sebagai gambaran, busi jenis ini cocok untuk modifikasi mesin kendaraan. Busi NGK ini juga cocok untuk motor balap yang menggunakan tuning dan kondisi lintasan balap. Di mana contoh busi ini adalah NGK BKR7EIX-11 khusus untuk mobil. 

Diko kembali menambahkan, buat mereka yang berkecimpung di dunia balap motor maupun mobil, sangat penting untuk memilih busi yang sesuai dengan spesifikasi mesin balap kendaraannya masing-masing.

“Busi balap seperti NGK Racing Competition tidak disarankan untuk motor atau mobil standar, karena dirancang dan peruntukkannya memang khusus untuk mesin yang sudah dimodifikasi,” ujarnya.

Bagi pengguna kendaraan bermotor yang ingin mesin motor atau mobilnya seperti mesin motor atau mobil balap, menyiasati hal tersebut, bisa menggunakan busi Iridium IX sebagai alternatif.

“Hal itu dapat dilakukan jika ingin busi performa tinggi untuk balap yang juga bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari,” pungkas Diko. 


(uda)