Autogear.id - Untuk menyediakan kebutuhan mekanik profesional bagi pelanggan fleet, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, telah meluluskan 12 peserta program Special Manpower of Ability, Reliable and Tactical (SMART).
Boleh dibilang, ini merupakan kali pertama Mitsubishi Fuso melaksanakan program SMART, yang dimulai sejak 26 Februari 2024, di Krama Yudha Regional Training Centre (KRTC) Makassar, Sulawesi Selatan.
Dijelaskan, program ini adalah langkah strategis yang dilakukan Fuso sebagai andalan bisnis sejati para pelanggan setia, terutama pelanggan fleet. Kegiatan ini merupakan bukti salah satu pilar “customer business consultant”. Di mana Fuso hadirkan program pelatihan, guna menghasilkan mekanik profesional. Dapat beroperasi di lokasi pelanggan, sebagai layanan purna jual yang handal.
Apa yang dilakukan Fuso ini bertujuan membantu produktivitas bisnis pelanggan, dengan memastikan unit yang mereka miliki, telah ditangani dengan baik oleh para mekanik yang berstandarisasi.
Pada sisi lain, jumlah pelanggan yang bertambah dari waktu ke waktu menyebabkan kebutuhan mekanik profesional terus tumbuh. Mencakup kebutuhan pelanggan di tanah air, Fuso dipastikan akan terus mengembangkan program ini, di seluruh wilayah Indonesia secara bertahap.
Mengingat dalam upaya menghasilkan mekanik handal, tentulah melalui proses ketat. Peserta yang mengikuti tahap seleksi pada program ini, harus menyelesaikan pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terlebih dahulu.
Setelah lolos, peserta akan mengikuti program pembekalan dan pelatihan selama kurang lebih 8 minggu. Mereka akan diberikan uang saku selama berlangsungnya program, dan tanda bukti standarisasi Fuso sebagai mekanik junior setelah lulus.
Direktur Sales & Marketing Division PT KTB, Aji Jaya menyampaikan, perusahaannya akan selalu siap memberikan layanan-layanan terbaik, untuk memenuhi kebutuhan bisnis pelanggan.
“Maka dengan meluluskan mekanik-mekanik handal dari program SMART ini, pastinya kami berharap dapat mendukung kebutuhan mekanik internal untuk fleet. Di mana saat ini relatif sulit mendapatkan mekanik berstandarisasi dan siap kerja,” jelas Aji.
Lanjutnya lagi, usaha yang Mitsubishi Fuso lakukan melalui program ini adalah bukti bahwa pabrikan kendaraan niaga asal Jepang tersebut siap memprioritaskan kebutuhan pelanggan. “Sehingga akan selalu menjadi "Andalan Bisnis Sejati" bagi pelanggan kami,” terangnya.
(uda)