Balap Mobil

Peslalom TGRI Sapu Bersih Podium Kelas-F Kejurnas Slalom 2022 Seri-3

Toyota Team Indonesia dominasi kelas F di Kejuaraan Nasional Slalom 2022. TTI
Toyota Team Indonesia dominasi kelas F di Kejuaraan Nasional Slalom 2022. TTI

Autogear.id - Berlaga di kejurnas paling bergengsi dan kompetitif F (Modifikasi), tiga peslalom terbaik TGRI berhasil sapu bersih podium untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Bermodalkan handling yang responsif serta mesin yang bertenaga, Agya GR Sport mendukung peslalom tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) tampil mendominasi. 

Sejak awal musim hingga seri ke-3 MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2022 yang berlangsung pada Sabtu (27/8) di GOR Stadion Lembu Peteng, Tulungagung, Jawa Timur, peslalom TGRI masih memimpin klasemen sementara di Kejurnas F (modifikasi) dengan 70 poin, Kejurnas Wanita 75 poin, Kejurnas Tandem 70 poin.
 
“Kami bersyukur berkat skill dan pengalaman enginer TGRI dalam memenangi berbagai kejurnas, performa Agya GR Sport dapat dimaksimalkan dalam mendukung peslalom TGRI tampil konsisten dan memimpin klasemen di 3 Kejurnas hingga seri ke-3 MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2022 ini. Selamat atas hasil positif yang diraih, dan mari kita jaga keunggulan ini di sisa 3 seri berikutnya sehingga kita bisa kembali meraih gelar juara nasional di musim ini,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
 
Didesain sebagai compact hatchback, dimensi bodi Agya GR Sport memastikannya dapat bermanuver lincah di lintasan slalom. Sistem suspensi yang andal juga memastikan peslalom TGRI dapat mengendalikannya dengan baik dan penuh rasa percaya diri. Dari balik kap mesin, unit 1.200 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11 Kgm pada 4.200 rpm turut berperan dalam memaksimalkan performa peslalom TGRI dalam mencatatkan waktu tercepat.

Baca Juga:
Verstappen Tampil Sempurna Meski Start dari Grid Start 14

 
Di Kejurnas F (Modifikasi) Adrianza #82 yang berhasil meraih podium pertama dengan catatan waktu tercepat 00:45.951. Hasil positif tersebut diikuti oleh rekan satu timnya yaitu Herdiko #83 yang berada di podium kedua dengan catatan waktu 00:46.273 dan Anjasara #81 yang berhasil meraih podium ketiga dengan catatan waktu 00:46.296.
 
Di Kejurnas Wanita, Alinka Hardianti #7 kembali berhasil mempertahankan podium pertama dengan catatan waktu tercepat 00:50.646. Di Kejurnas Tandem, kolaborasi solid Adrianza dan Anjasara, berhasil mengantarkan keduanya ke podium kedua dengan catatan waktu tercepat 01:40.458. Dan di Kejurnas A, Anjasara mencatatkan waktu terbaik 00:49.854.
 
Peslalom wanita TGRI Alinka Hardianti mengaku sangat senang dengan podium pertama Kejurnas Wanita yang berhasil diraihnya untuk ke-3 kalinya tahun ini. Alinka begitu mengapresiasi terjaganya performa Agya GR Sport yang tidak pernah kehilangan pace saat diajaknya bermanuver mengikuti soal slalom yang dilombakan. 

Pembalap murah senyum ini juga menghargai kerja keras dan semangat continuous improvement teknisi tim TGRI, baik saat jeda antara seri ke-2 dan ke-3 selama sekitar satu bulan, maupun saat kompetisi berlangsung, sehingga dirinya dapat kembali mencatatkan waktu terbaik.

Baca Juga:
JKOC Adventuran Jajal Makassar dan 4 Kabupaten di Sulawesi

 
“Senang sekali saya dapat kembali meraih podium pertama di seri ke-3 ini. Terima kasih atas support yang selalu tim berikan kepada saya. Berkat kerjasama solid yang terjaga dari awal musim, khususnya dalam mempersiapkan Agya GR Sport sesuai dengan karakter sirkuit yang berbeda satu dengan lainnya, saya dapat beradaptasi dengan baik dan mencatatkan waktu tercepat. Hasil baik akan kami jaga serta improve ke depannya, dan mohon doanya kami dapat membawa pulang gelar juara nasional di tahun ini,” kata peslalom TGRI, Alinka Hardianti.
 
Partisipasi TGRI di berbagai ajang kejurnas balap merupakan program jangka panjang Toyota untuk memperoleh berbagai ilmu dan data riset dari sirkuit dan jalan raya yang tidak mengenal tolerasi kesalahan. Selain kejurnas slalom, TGRI juga menurunkan tim bersama pembalap muda berprestasi di kejurnas touring car, rally, dan sprint rally. Ketiganya mencetak prestasi positif hingga saat ini dengan raihan podium pertama menggunakan GR Family yaitu Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan GR Yaris AP4.
 
Selama musim balap, engineer Toyota selalu berusaha untuk meningkatkan performa kendaraan, termasuk Agya GR Sport dengan tetap menjaga daya tahan di tengah persaingan yang kompetitif bermodalkan masukan pembalap, serta data dari mobil yang digunakan saat berkompetisi. Keuntungannya, data yang didapatkan untuk menciptakan mobil balap yang lebih kompetitif ini, akan menjadi modal utama bagi pabrikan untuk mengembangkan teknologi baru guna menghadirkan ever-better cars.
 
“Podium yang berhasil diraih peslalom TGRI pada ajang MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2022 Seri ke-3 merupakan bukti keandalan Agya GR Sport di arena slalom. Selain itu prestasi ini juga membuktikan bahwa komitmen engineer TGRI dalam memperkuat daya saing Agya GR Sport sudah berada di jalur yang tepat. Harapannya, performa Agya GR Sport dapat mempermudah langkah pembalap TGRI dalam meraih kemenangan hingga mendapatkan gelar juara di akhir musim,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.


(uda)