Pameran Otomotif IMOS 2022

IMOS 2022 Resmi Dibuka, Menhub Apresiasi Langkah AISI Soal EV

Menteru Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka pameran IMOS 2022. AG-Uda
Menteru Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka pameran IMOS 2022. AG-Uda

Autogear.id - Pameran otomotif Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 akhirnya resmi dibuka oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada Rabu (2/11/2022). Pameran yang akhirnya terlaksana kembali setelah empat tahun vakum dilaksanakan itu, punya komitmen besar melakukan lompatan teknologi sepeda motor terbaru. Termasuk teknologi kendaraan yang menggunakan motor penggerak berbasis baterai.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pun mendukung hal ini secara gamblang. Ia menegaskan bahwa komitmen pemerintah untuk mempercepat penerimaan dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, kini sangat besar. Bahkan untuk beberapa hal, keberadaan kendaraan listrik termasuk aturannya dibuat lebih mudah. 

"Bicara soal industri, kita selalu berbicara soal melakukan investasi dan melakukan ekspor. Sektor transportasi semakin penting, makanya di dalam APBN infrastruktur selalu diberikan ruang dan jadi visi dan misi presiden. Saya mengingatkan agar EV juga bisa diprioritaskan dan bisa jadi game changer terutama soal isu lingkungan, pengurangan penggunaan bahan bakar fosil dan beberapa lagi yang lainnya," papar Budi Karya Sumadi.

Budi bahkan menegaskan apresiasinya akan beberapa merek besar sudah berani melakukan perubahan yang lebih mengarah ke kendaraan ramah lingkungan. Bahkan untuk motor-motor yang lama juga sudah ada versi konversinya. Ini menjadi nilai plus tersendiri. 

Baca Juga:
Si 'Monyet' Mungil Honda nan Ikonik Kini Makin Trendi

Ketua Umum AISI, Johannes Loman menyambut baik apa yang dilakukan pemerintah saat ini, termasuk mengeluarkan regulasi yang mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Menurutnya, industri sepeda motor di Indonesia saat ini memiliki peran yang semakin penting. Karakter sepeda motor yang praktis dan mudah dikendarai menjadikan sebagai alat transportasi yang disukai masyarakat. 

"Tantangan bagi kami agar dapat menyajkan produk-produk sepeda motor terkini dibuat lebih aman, nyaman, dan ramah lingkungan sehingga kami pelaku industri otomotif. Karena itu akhir 2022 bagaimana komitmen anggota AISI untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan atau motor listrik. Kami yakin kehadiran motor listrik di IMOS 2022 akan membuat event ini lebih menarik. Mengusung tema Ride a Better Lifestyle, tentunya berhubungan dengan keamanan, kenyamanan dan komitmen keselamatan,' ujar Johannes Loman.

Dalam pameran yang akan berlangsung hingga Minggu 6 November 2022 itu, banyak hal unik yang bisa didapatkan konsumen selain motor-motor baru. Lantaran 65 merek ikutan di event ini, termasuk di dalamnya produsen komponen, apparel, bahkan builder dan aksesoris kendaraan. 

Bagi Anda yang ingin melihat berbagai teknologi terbaru dari industri sepeda motor dapat membeli tiket masuk IMOS melalui aplikasi Auto360. Harga tiket masuk weekdays (Rabu – Kamis) Rp20.000 dan tiket weekend (Jumat – Minggu) Rp30.000. 


(uda)