Bengkel Motor

Art n Speed, Bengkel Skutik yang Unggulkan Dyno Test dan Re-Map ECU

Art n Speed perluas cakupan perbengkelan mereka ke motor matic harian. AG-Alun
Art n Speed perluas cakupan perbengkelan mereka ke motor matic harian. AG-Alun

Autogear.id – Banyaknya pengguna motor matik atau skuter matik (skutik) di Indonesia, menjadi peluang bisnis yang lumayan menggiurkan. Dalam hal ini celah usaha di lini purna jualnya. Seperti yang dilakukan Arie “Abonk” Perkasa. Pemilik rumah modifikasi Street Custom, yang berlokasi di wilayah Depok, Jawa Barat ini kiranya melihat potensi tersebut.

Dia menggandeng pegiat media sosial, Ridwan Hanif, berkolaborasi membuka sebuah workshop baru yang diberi nama Art n Speed. Merupakan workshop atau bengkel yang berfokus pada layanan servis dan peningkatan performa motor matik. 

“Kami membuka bengkel ini fokus ke semua tipe motor matik. Kami lihat di ranah ini masih lumayan “gemuk”. Jadi kami putuskan belum dulu menggarap motor listrik,” ucap Arie, saat peresmian Art n Speed yang berlokasi di daerah Grand Depok City. Tepatnya di Jl. Masjid Nurul Huda S/D Eretan No.18A, Tirtajaya, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Sabtu (1/7/2023).

Lanjut Arie lagi, ide kolaborasi ini diawali dari obrolan santai, kemudian ide dimatangkan dan dieksekusi. “Yang pasti, bengkel ini menghadirkan fasilitas baru yang lebih lengkap untuk para pengguna motor matik,” tukasnya. Sebelum membuka bengkel ini, diakui Arie ada sejumlah hal yang menginspirasinya. 

Baca Juga:
Lampu Kendaraan Ini Bebas Silau dan 800 Persen Lebih Terang

Antara lain terinspirasi dari pelayanan bengkel mobil resmi pabrikan asal Jepang, yang begitu memperhatikan pelanggannya. “Bayangkan kalau kita servis mobil di bengkel resmi merek Jepang, selalu dikontrol kapan waktunya kita servis, dan hal lainnya yang begitu mengutamakan pelanggan. Itu membuat saya terinspirasi, dan akan coba diterapkan di bengkel ini,” jelasnya.

Sementara dikatakan Ridwan, awalnya dia hanya menantang Arie untuk membuka segmen matik. Setelah beberapa bulan mereka berdiskusi dan mematangkan ide, berdasarkan pengalaman di bidang masing-masing. “Kebetulan saya dan Arie sudah berkawan sejak lama, suka touring bareng. Sama-sama pegiat di media sosial pula, dan kebetulan Arie sudah lama berkecimpung di dunia roda dua seperti ini,” ujar Ridwan.

Secara teknis, bengkel Art n Speed menyediakan berbagai macam suku cadang dan aksesoris untuk motor matik. Bahkan bengkel yang menargetkan 3 sampai 5 unit entry dalam sehari ini membuka jasa pengerjaan Re-Map dan Dyno Test. “Dalam proses pengerjaan, kami berfokus pada peningkatan performa motor, upgrade CVT, Re-Map ECU dan lainnya. Terkait peningkatan performa ini, berdasarkan data akurat yang menggunakan mesin dyno test sebagai penunjangnya,” terang Arie penuh semangat.

Selama masa perkenalan, workshop yang berada di lokasi strategis ini juga menawarkan sejumlah paket menarik, bekerja sama dengan para mitra pendukung. Seperti 10 orang pertama yang membeli ban belakang Maxxis, akan mendapat ban depan gratis. Kemudian free biaya jasa ganti oli dari Castrol, setiap melakukan servis dan ganti oli Castrol di bengkel yang mematok harga servis mulai dari Rp175 ribu ini.

Baca Juga:
Begini Siasat Pabrikan Ajak Anak Usia Dini Doyan Otomotif

Selain itu pelanggan yang datang berkesempatan memperoleh sampel cat semprot Diton Premium, selama persediaan masih ada. “Untuk beberapa proses pengerjaan di bengkel, kami didukung perkakas otomotif Tekiro,” pungkasnya.


(uda)