Balap Mobil

Apa yang Bakal Dilakukan Xpander AP4 di 2023, Penasaran?

Mitsubishi Xpander AP4 bakal punya banyak kegiatan mulai 2023. Apa saja? RFT
Mitsubishi Xpander AP4 bakal punya banyak kegiatan mulai 2023. Apa saja? RFT

Autogear.id - Digawangi pebalap Rifat Sungkar, Mitsubishi Xpander AP4 sukses mengantongi sejumlah gelar juara, pada ajang kejuaraan reli nasional dan internasional yang digelar sepanjang 2022. Xpander AP4 sendiri merupakan mobil khusus reli yang memang dikembangkan Rifat bareng PT Mitsubishi Krama Yudha Motor Sales Indonesia (MMKSI). Mengusung basis Xpander sebagai mobil keluarga, dibantu tim Ralliart asal Selandia Baru.
 
Setelah meraih kesuksesan di tahun 2022 ini, lantas kira-kira apa yang sedang dipersiapkan oleh Rifat Sungkar selaku pebalap sekaligus brand ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, bersama tunggangannya Xpander AP4, di tahun 2023 mendatang? Menurut Rifat, banyak hal yang dipersiapkan dirinya dan Xpander AP4, bareng MMKSI menyambut tahun 2023 yang sudah ada di depan mata.
 
Rifat sendiri sebelumnya mengakui, terkait Mitsubishi Xpander AP4 yang dikendarainya dalam ajang balap selama ini, dia ibaratkan seperti Mission Impossible is Possible.
 
“Mengapa demikian? Lantaran di mata kami, sepertinya tak ada pabrikan manapun yang bisa membuat mobil keluarga menjadi mobil kompetisi alias mobil balap,” tukasnya disela-sela serah terima lebih dari 50 unit New Xpander Cross ke tangan konsumen, Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga:
Tak Puas Menangi Race 1, Veda Genapkan Kemenangan di Mandalika

 
Lebih lanjut dikatakannya, dari itu saja pastinya banyak orang paham. Kalau ke depannya Mitsubishi bakal melakukan ‘kegilaan-kegilaan’ yang memorable lagi, di dunia otomotif maupun motorsport di Tanah Air. “Kalau ditanya Xpander AP4 mau apa tahun depan? Pastinya sebagai produk, mobil ini sudah lengkap achievement-nya. Mau pembuktian apalagi?” sergahnya.
 
Kendati begitu memang ada challenge berikutnya. Tapi kata Rifat belum bisa di share saat ini. “Yang jelas kami akan lakukan sesuatu yang takkan disangka-sangka dan tak biasa,” ujarnya.

Sampai akhir tahun ini, Rifat dan Xpander AP4 akan menikmati dulu apa yang telah mereka capai. Karena berhasil menjadi produk kebanggaan Indonesia, di mata publik maupun pelanggan. “Kami masih punya pekerjaan rumah, lakukan sesuatu yang baru. Saya percaya produk Mitsubishi dibuat melebihi ekspektasi. Sebagai pion paling ujung, tugas saya membuktikan  kalau itu benar adanya,” terang Rifat.
 
Spesifikasi Xpander AP4
Mitsubishi Xpander AP4 ini mengusung mesin bensin berkode 4B11 yang sebelumnya dipakai pada Mitsubishi Lancer dan Outlander Sport. Pada spesifikasi aslinya, mobil ini sejatinya memiliki spesifikasi 4-silinder DOHC 16-katup MIVEC kapasitas 2.0 liter. Hasilkan tenaga 156 dk/6.000 rpm dan torsi 199 Nm/4.250 rpm. Khusus pada Xpander AP4 ini, mesin mengalami rombakan signifikan, dengan penurunan kubikasi atau kapasitas mesin menjadi 1.600 cc. 

Baca Juga:
Kejar Zero Accident, Ratusan Bikers HOG Anak Elang Asah Skill

Mengikuti regulasi spesifikasi dari mobil balap reli AP4 di asia pasifik. Menariknya, kendati mengalami penurunan kubikasi mesin, tenaga dan torsi dari Xpander AP4 justru melonjak menjadi 350 dk dan 555,8 Nm. Tenaga dan torsi itu disalurkan ke semua roda melalui transmisi sequential. Demi mendukung daya cengkeram optimal, Xpander AP4 menggunakan ban Delium Radial dengan spesifikasi yang berbeda antara ban Tarmac atau aspal dan ban Gravel atau tanah.


(uda)