Begini Cara Bikin Motor Premium Tetap Prima di Libur Hari Raya

Begini cara bikin motor premium tetap prima di libur hari raya - Piaggio Indonesia
Begini cara bikin motor premium tetap prima di libur hari raya - Piaggio Indonesia

Autogear.id – Punya motor kelas premium memang keren. Walaupun kadang timbul pertanyaan, apakah cara membuat kondisinya tetap prima sama dengan motor pada umumnya? Terlebih lagi selama libur hari raya Idul Fitri 1445 H ini.

Menyikapinya, PT Piaggio Indonesia selaku salah satu produsen motor premium di Indonesia berbagi tips merawat ragam merek kendaraan Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi. Terutama buat mereka yang ingin menikmati liburan dengan touring, atau yang hendak meninggalkan kendaraannya dalam waktu lama. 

BTL, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari mengatakan, bagi para pemilik Piaggio Group Brands yang gemar touring mengisi waktu liburan, paling penting adalah pastikan kondisi fisik sehat dan prima dengan istirahat yang cukup.

Menurutnya, pemilik hendaknya juga senantiasa merawat kendaraan di dealer Motoplex terdekat yang berstandar 3S. Dengan begitu, mereka dapat benar-benar optimal menikmati saat menyenangkan bersama kendaraan kesayangan. 

Rencanakan perjalanan terukur, untuk menghindari kemacetan yang mungkin terjadi. “Selalu lengkapi perjalanan dengan alat keselamatan dan keamanan berkendara. Gunakan genuine helmet ber-SNI, yang dipasarkan di seluruh dealer kami,” tuturnya. 

12 Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Berikut adalah beberapa hal penting bagi pemilik memeriksakan ke bengkel resmi, sebelum mulai berkendara atau meninggalkannya di rumah.

1.     Selalu gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan yaitu RON 95. Jika sulit menemukan RON 95, daruratnya gunakan RON 92

2.     Periksakan kondisi lampu penerangan, lampu signal, klakson dan baterai

3.     Lakukan penggantian oli mesin dan oli gear transmisi sesuai jadwal

4.     Ganti saringan oli, setiap penggantian oli mesin

5.     Ganti busi dan saringan udara jika diperlukan

6.     Lakukan perawatan CVT sesuai jadwal

7.     Jika ada, periksa kondisi air radiator dan ganti jika diperlukan

8.     Periksa gerak bebas kemudi dan kondisi bearing-nya 

9.     Cek kondisi kampas dan minyak rem, tambahkan atau ganti jika perlu 

10.  Periksa kondisi dan tekanan ban, sesuaikan apakah berkendara tunggal atau boncengan

11.  Periksa kinerja dari suspensi depan dan belakang, apakah terdapat kebocoran oli

12.  Lakukan pemeriksaan menggunakan alat diagnostik resmi (P.A.D.S)

Tangki Isi Penuh dan Kasih Alas Roda

Bagi mereka yang berencana meninggalkan kendaraan dalam waktu lama atau selama masa libur Lebaran, berikut adalah tips perawatannya:

1.     Ganti oli dan kuras tangki bahan bakar hingga habis, untuk mencegah proses pengembunan yang dapat menyebabkan korosi. Jika kendaraan akan ditinggalkan hingga lebih dari satu bulan. Bila kurang dari sebulan, cukup mengisi tangki bensin penuh

2.     Cabut baterai aki dan cas hingga penuh, simpan di tempat yang tidak lembab jika kendaraan akan ditinggal lebih dari sebulan. Jika kurang dari sebulan, cukup lepaskan kabel terminal negatif (-)

3.     Cuci kendaraan sebelum disimpan. Lalu gunakan standar tengah, dan berikan alas kayu atau kain tebal pada roda. Agar tekanan udara ban tidak gampang turun 

4.     Pakai kunci pengaman ganda dan pastikan menutup kendaraan dengan sarung pelindung debu

Selama libur Lebaran ini, PT Piaggio Indonesia siagakan 58 dealer Motoplex di seluruh Indonesia. Termasuk di dalamnya untuk melayani Aprilia dan Moto Guzzi yang bisa dilakukan di 16 titik Motoplex.


(uda)