Keselamatan Berlalu-Lintas

Astra Bina 9795 Pelopor Keselamatan Berkendara, Buat Apa?

Astra bina ribuan orang sebagai pelopor keselamatan berkendara dan menyebarkan cara berkendara aman di jalan raya. AG-Alun
Astra bina ribuan orang sebagai pelopor keselamatan berkendara dan menyebarkan cara berkendara aman di jalan raya. AG-Alun

Autogear.id – Selama ini masyarakat sepertinya sangat sulit dipisahkan dari perkembangan dunia otomotif. Penggunaan kendaraan untuk mobilitas rutin, tampaknya telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Sehingga perlu diberikan pendampingan dan pemahaman, agar dalam beraktivitas menggunakan mobil atau motor, senantiasa menjaga keselamatan berkendara dan aman dalam berlalu lintas.

Sepanjang 65 tahun usia Astra, berkarya dan bergerak bersama masyarakat Indonesia, perusahaan ini menyadari kalau masyarakat tidak lepas dari perkembangan penggunaan kendaraan bermotor. Oleh sebab itu Astra menginisiasi program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL). Tujuannya tak lain mengampanyekan penggunaan kendaraan bermotor, secara tertib dan aman, guna mengurangi insiden kecelakaan lalu lintas di jalan.

Sedikit mengacu dari data Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia dalam lima tahun terakhir mencapai titik tertinggi pada tahun 2019, yaitu 116.411 kecelakaan.

Program IAABL yang berlangsung sejak 2014 sendiri tidak hanya memberikan kampanye pada para pengguna kendaraan. Melainkan juga mengajak para pengguna jalan membudayakan aman berlalu lintas ini. Sejalan upaya mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Indonesia, dan selaras empat pilar kontribusi sosial Astra.

Baca Juga:
Keliling Kota Bareng Wuling Air ev, Layak jadi Penguasa Baru Jalanan Kota

Artinya melalui program Festival IAABL yang setiap tahun diadakan, Astra berharap seluruh lapisan masyarakat dapat turut serta. Salah satunya menjadi pelopor keselamatan berkendara. Tahun ini festival IAABL bertemakan ‘Collaboration for Safety & Sustainability Driving’ digelar di Universitas Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (18/9/2022). Menyuguhkan seminar IAABL dan pelatihan pelopor kendaraan komersial yang diikuti lebih dari 250 mahasiswa dan 250 pelanggan grup Astra.

“Hingga Agustus tahun 2022, seluruh lini bisnis Grup Astra telah menerapkan program IAABL. Sehingga secara kumulatif telah membina 9.795 Pelopor Keselamatan Berkendara dan mengedukasi sebanyak 171.886 orang,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Melalui IAABL, Astra senantiasa berusaha meningkatkan jumlah pelopor keselamatan dan menargetkan penambahan 500 pelopor keselamatan baru tahun ini. Menurut Riza, pelopor keselamatan merupakan tanggung jawab bersama. Sehingga perlu kolaborasi dengan seluruh masyarakat, agar dapat berperan mempercepat peningkatan kesadaran pentingnya keselamatan berkendara.

Rangkaian Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas tahun ini telah dilaksanakan sejak 2 September 2022. Dimulai dari peresmian Safety Riding Lab ke-5 di Indonesia bersama Astra Motor dan Yayasan Astra Honda Motor, berlokasi di SMAN Bali Mandara Buleleng Provinsi Bali. Peresmian ini melengkapi keempat Safety Riding Lab lainnya di Binjai, Bekasi, Banten dan Malang.

Baca Juga:
Bastiannini Pesimis Kejar Ketertinggalan Poin?

Program ini juga memberikan pelatihan kepada duta pelopor keselamatan berkendara di wilayah Kalimantan, melibatkan lebih dari 650 pelopor. Serta 65 kegiatan rangkaian Bulan Keselamatan Berkendara Nasional yang diikuti lebih dari 6.500 masyarakat sepanjang tahun.


(uda)