Autogear.id - Honda Brio melakukan 'pencitraan', semakin mendekatkan diri ke komunitas gamers tanah air. Meskipun diakui PT Honda Prospect Motor (HPM), kontribusi Brio sudah berada di angka 50 persen, menjadi backbone penjualan Honda.
Upaya kian mendekatkan diri kepada komunitas gamers dilakukan, lantaran pihak HPM melihat kelompok ini sangat cocok dengan karakter Honda Brio, yang menyasar segmen kaum muda yang identik dengan generasi Z atau Gen Z.
Hal tersebut diutarakan Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, Yusak Billy, dalam penandatanganan kerja sama antara Honda dengan Team Liquid Indonesia (TLID), salah satu organisasi e-sports global. Dilakukan di Honda Headquarter, Jl. Gaya Motor I, Jakarta Utara, Selasa (6/5/2025).
"Sementara ini kami lakukan kontrak kerja sama selama satu tahun, yang nantinya akan kami evaluasi. Mengingat sejauh ini Honda juga sebagai brand gaya hidup, yang dekat dengan anak muda," ucap Billy di sela-sela kegiatan.
Ucapan senada disampaikan Communication Strategy Sub-Division Head PT HPM, Yulian Karfili, bahwa pihaknya berharap dengan kolaborasi ini bisa saling bersinergi satu sama lain.
"Dimana akan ada roadshow di sejumlah dealer, kami juga sediakan mobil Honda Brio, untuk mobilitas TLID. Intinya kolaborasi ini tidak ada target dalam penjualan, kami hanya ingin semakin mendekatkan diri dengan Gen Z," kata Arfi sapaan akrabnya.
Mewujudkan hal tersebut, Honda dan TLID telah menyiapkan rangkaian aktivitas, yang dirancang guna membangun koneksi emosional dengan audiens muda.
Program tersebut di antaranya Dealer Watch Party, yang akan menghadirkan pengalaman menyaksikan pertandingan TLID secara langsung di 12 dealer resmi Honda di kota besar Indonesia.
Nantinya dealer watch party akan mengubah showroom menjadi ruang hidup e-sports. Sekaligus memberikan kesempatan kepada peserta untuk mencoba langsung mobil-mobil Honda melalui sesi test drive.
Selain itu, kerja sama ini juga akan melahirkan TL Cup, turnamen komunitas gamer berskala nasional. Sebagai wadah bagi para gamer muda untuk mengasah kemampuan dan menunjukkan potensi.
Disampaikan Chief Business Officer TLID Daniel Santoso, kolaborasi selama setahun ini akan ramai oleh kegiatan. Bagi TLID, Honda bukan hanya mitra brand, tetapi mitra perjalanan.
“TLID sangat bangga bisa bekerja sama dengan Honda, yang juga punya komitmen jangka panjang terhadap pertumbuhan komunitas digital. Melalui kerja sama ini, kami ingin ciptakan ruang yang menginspirasi, menyenangkan, dan relevan bagi generasi baru gamers Indonesia,” bebernya.
Boleh jadi kolaborasi ini menjadi salah satu langkah unik yang dilakukan Honda, agar Brio semakin menarik. Di tengah-tengah kondisi pasar otomotif, yang belakangan ini keadaannya belum begitu membaik.
(uda)