Autogear.id – Setelah memperkenalkan kendaraan listrik terbarunya, BinguoEV, Wuling Motors (Wuling) juga meresmikan kerja sama dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), sebagai digital ecosystem enabler Indonesia. Merek asal Negeri Tirai Bambu ini menyediakan pengalaman berkendara bagi para pelanggan BinguoEV, dengan memanfaatkan jaringan dan layanan digital Telkomsel.
“Kami umumkan kolaborasi strategis antara Wuling dan Telkomsel, sebagai langkah penting untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, kami bersama-sama mengambil bagian dalam EVolution Indonesia: Accelerating Sustainable Ecosystem for a Greener Future,” tutur Sales & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani.
Dimana menurutnya, hal ini merupakan sebuah tujuan yang bukan hanya berfokus pada pengembangan layanan Internet of Vehicle bagi pengguna kendaraan listrik mereka. Tetapi juga menciptakan ekosistem, yang mendukung mobilitas berkelanjutan secara menyeluruh.
Salah satu poin kolaborasi ini adalah koneksi mobil mengedepankan Internet of Things (IoT), untuk meningkatkan konektivitas dan pengalaman berkendara. Saat ini BinguoEV sebagai mobil yang akan memanfaatkan infrastruktur jaringan Telkomsel, dengan menyematkan profil kartu SIM B2B di dalamnya.
Sehingga pemiliknya dapat menikmati layanan telematika terkini, termasuk pemantauan kondisi kendaraan, navigasi pintar, dan hiburan di dalam mobil. Kerja sama ini menawarkan pengalaman berkendara lebih cerdas dan terintegrasi bagi konsumen, dengan memanfaatkan solusi IoT.
Selain itu Wuling juga menjalin kerja sama dengan Telkomsel dalam bidang Fleet Management System. Telkomsel akan menyediakan solusi IoT khusus, yang dirancang untuk sistem manajemen armada dalam upaya untuk mendukung pemilik armada kendaraan listrik Wuling.
Solusi ini tidak hanya mencakup pemantauan real-time dan pelaporan kinerja kendaraan, tetapi juga integrasi tepat untuk stasiun pengisian daya kendaraan listrik. Menghadirkan sistem manajemen armada yang efisien dan terhubung, menciptakan peluang peningkatan produktivitas dalam penggunaan armada.
Lebih lanjut, kedua belah pihak berencana menghadirkan penawaran produk yang lebih tepat sasaran, sesuai preferensi dan kebutuhan pelanggan melalui pemanfaatan platform Telco Data Insight. Membuka peluang bagi lebih dari 158,3 juta pelanggan Telkomsel. Dengan implementasi strategi pemasaran berbasis data yang lebih baik, keduanya akan mendorong pertumbuhan bisnis dan ekosistem digital Indonesia yang semakin inovatif dan terkoneksi.
“Senada dengan semangat kami, terinspirasi dari semangat Indonesia untuk senantiasa menciptakan terobosan. Bersama Wuling kami berupaya menghadirkan solusi konektivitas terdepan, memperkuat ekosistem kendaraan listrik dalam negeri. Dengan upaya penciptaan dampak lingkungan bebas emisi karbon, dalam proses bisnis berkelanjutan. Berharap dapat mendukung kelestarian bumi dan lingkungan hidup secara inklusif dan berkelanjutan," jelas Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna.
(uda)