Tips Perawatan Kendaraan

Empat Langkah Melawan Kusam pada Bodi Mobil

Merawat mobil karena cuaca panas yang bisa bikin cat kusam, perlu melakukan beberapa hal ini. A2
Merawat mobil karena cuaca panas yang bisa bikin cat kusam, perlu melakukan beberapa hal ini. A2

Autogear.id – Kemacetan di jalan raya masih terus terjadi. Berdasarkan data yang dihimpun hingga akhir tahun 2022, indeks kemacetan di DKI Jakarta di angka 48 persen. Naik drastis dibanding tahun 2020, yang berada di angka 34 persen. Sementara pada 2019, kemacetan mencapai angka 53 persen. 

Tingginya mobilitas berkendara masyarakat di jalanan berdampak pada kendaraan, khususnya pada cat yang berisiko mengalami baret. Dikatakan Direktur Optimo Indonesia (Purewax), Reeza Budhisurya, tidak dipungkiri terkadang musibah senggolan dengan kendaraan lain, mengakibatkan rusaknya cat pada bodi kendaraan kita. 

“Bila terjadi, sebaiknya langsung beri perawatan tepat guna untuk menjaga tampilan kendaraan selalu prima,” jelasnya. Kata Reeza, ada 4 langkah perawatan cat pada kendaraan, yang dapat diaplikasikan di rumah.

1. Hilangkan Baret dengan Kompon
Pudarkan baret mobil dengan kompon, merupakan salah satu cara paling mudah. Kandungan krim pasta di dalamnya, dapat membersihkan goresan bodi. Bekerja dengan cara mengikis lapisan cat hingga tak terlihat. 

Baca Juga:
Ninja ZX-6R Seharga Rp 359,9 Juta Tampil Lebih Seger

Ketika ada baret ringan, pemilik kendaraan dapat menggunakan jenis kompon warna putih karena punya daya kikis sangat kuat. Langkah yang harus dilakukan sebelum membersihkan goresan, siapkan dulu kain.

Bersihkan bagian yang tergores dengan air, untuk hilangkan kotoran menempel. Kemudian keringkan air gunakan lap. Setelah kering, poles bagian yang tergores gunakan kompon poles. Supaya tak cepat kering, oles secara cepat. Kalau sampai kering, berisiko kompon mengeras dan sulit dibersihkan. Lakukan polesan ringan dengan satu arah, supaya cat tidak terkikis dan hasilnya merata. Setelah bagian baret bersih, bilas dengan air lalu keringkan.

2. Gunakan Pasta Gigi
Merupakan bahan yang paling mudah dicari. Tak hanya untuk membersihkan gigi, kandungan di dalamnya juga bisa membersihkan baret di bodi kendaraan. Sebelum gunakan pasta gigi, pastikan dulu mobil dalam keadaan bersih. Siapkan kain lembut sebagai wadah untuk pasta gigi.

Basahi kain tadi dengan air bersih, lalu tuangkan pasta gigi secukupnya sesuai lebar goresan. Gosok bagian mobil yang baret hingga merata. Walaupun demikian, polesan cenderung kurang efektif bila hanya mengandalkan pasta gigi tanpa dipadu bahan lain.

Baca Juga:
Intip Tipis-tipis Fitur Bawaan SUV Kompak Terbaru Mitsubishi Ini

3. Cat Ulang Bodi Kendaraan
Pengecatan adalah salah satu cara hilangkan baret mobil yang dalam.  Namun jika akan melakukan sendiri, harus hati-hati. Karena tidak mudah, dan prosesnya harus dilakukan secara akurat. Cat berperan akan keindahan dan warna mobil. Ketika prosesnya sedikit salah, tampilan mobil jadi tidak bagus. Dalam mengecat ulang, perlu mengamplas bagian yang baret. Tidak semua gunakan bahan dasar cat, perlu ada campuran seperti tiner.

4. Gunakan Wax atau Cairan Pembersih
Menghilangkan baret menggunakan wax hanya dapat dilakukan jika goresannya halus. Terdapat dua jenis wax, berbentuk padat dan cair. Wax cair dapat membuat goresan lebih samar, karena bahannya bersifat abrasif. Menggunakannya harus hati-hati. Jika menggosok terlalu keras, berpotensi bikin goresan bertambah. Sedangkan wax padat tidak berbahan abrasif, jadi aman untuk digunakan.

“Purewax hadir sebagai pelengkap guna perlindungan menyeluruh pada bodi kendaraan. Cat mobil akan terhindar dari water spot. Sisa air hujan yang menempel akan langsung turun, tidak menyentuh permukaan cat terlalu lama,” kata Reeza. 

Dia menambahkan, Purewax hadir dengan produk Purewax Waterless Wash. Semprotan hidrofobik pembersih all in one, pembersihan tanpa air yang dapat membuat kilau dan aman untuk semua lapisan cat. 


(uda)