GIIAS 2023

Ini Alasan Mitsubishi Gandeng Yamaha untuk Sistem Audio XForce

Ada sejumlah fitur unggulan dari Mitsubishi Xforce, yang terbagi dalam 3 kelompok. MMKSI
Ada sejumlah fitur unggulan dari Mitsubishi Xforce, yang terbagi dalam 3 kelompok. MMKSI

Autogear.id – Mitsubishi Motors (MMC) secara resmi memperkenalkan Mitsubishi XForce di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. “SUV kompak ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pengemudi di kawasan ASEAN dan telah melalui uji coba secara berulang di kawasan ini,” kata President dan Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato.

Dia berharap, XForce akan menjadi teman yang paling cocok untuk setiap petualangan yang ingin dilakukan oleh para pengendara, memberi mereka kekuatan ekstra untuk melangkah lebih jauh dan mengalami sesuatu yang baru.

Ada sejumlah fitur unggulan dari kendaraan ini, yang terbagi dalam 3 kelompok. Pertama Futuristik, dimana mobil ini memiliki desain eksterior dengan konsep silky dan solid. Identitas desain New Generation Dynamic Shield, lalu Futuristic T-Shape Headlight dan Stylish Rear Combination Lights; dipadukan dengan ban 18 inci menghasilkan profil dari sebuah SUV otentik.

Kemudian Prestigious, interiornya mengedepankan aura terkini bernuansa modern. Dilengkapi horizontal axis instrument panel dengan mélange dan mocha interior, floating console, dan ambient lighting.

Baca Juga:
Blackvue DR770X Box Bikin Aman dan Nyaman Pemilik Mobil

Advanced Monolithic Display & Meter, terdiri dari Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci yang menawarkan visual berkualitas tinggi. Dilengkapi fungsi dan konten menarik, dengan Wireless Connectivity Android Auto dan Apple Carplay4, serta Digital Driver Display 8 inci, menyajikan informasi beragam dan mudah dibaca. Hands-free Power Liftgate, memberikan kemudahan dan kepraktisan membuka pintu bagasi dengan sensor kaki.

Kemudian fitur Comfort dengan empat mode berkendara, Normal, Wet, Gravel, Mud. Wet Mode bahkan untuk pertama kali disematkan pada model Mitsubishi Motors. Ada juga konsep Top-Class Roominess, kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang dengan ruang kabin shoulder room, leg room dan hip room terluas di kelasnya.

Diperkuat dengan 8-step reclining (17 hingga 33 derajat), konfigurasi kursi belakang 40:20:40 dengan seat material dengan fitur anti heat guard technology. Top-Class Cargo Space berupa beragam ruang penyimpanan serbaguna, dan ruang kargo yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Dual Zone Auto Climate Control, dengan teknologi Panasonic, Nanoe-X dan Memory Function Floor Console Box with Armrest & Cooling Function. Ground Clearance 222 mm, membuat pengendara lebih percaya diri melewati berbagai kondisi jalan. 

Baca Juga:
10 Tahun Eksis Jadikan Quester Game Changer

Well-Tuned Suspension untuk kenyamanan berkendara. Easy Handling, dengan radius putar kecil (5.2m), dan stir kemudi ringan, Active Yaw Control (AYC) serta Connected Car Service. Menariknya, Mitsubishi memberi penekanan pada salah satu bagian dari fitur XForce, yakni Dynamic Sound Yamaha Premium. 

Merupakan sistem audio yang dikembangkan atas kolaborasi semangat dan teknologi Mitsubishi Motors dengan Yamaha. Melibatkan insinyur Mitsubishi Motors dan sound master Yamaha. Menciptakan dynamic sound untuk sistem audio tingkat tinggi. Dilengkapi 8 speaker terintegrasi dan 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, dan Relaxing) yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV). 

Dijelaskan  MMC CTE, Hiroshi Sugiyama di GIIAS 2023, timnya tidak hanya melakukan penyetelan untuk meningkatkan kualitas suara, serta mengatasi tantangan terkait kecepatan kendaraan dan kebisingan jalan. “Tetapi kami juga berinvestasi dalam teknologi perangkat keras audio itu sendiri, seperti speaker,” jelasnya.

Harus diperhatikan sisi kendaraan yang mengintegrasikannya. Misalnya kekokohan panel pintu tempat speaker dipasang. Jika panel pintu goyah, suara yang solid tidak akan bisa dihasilkan. Terutama untuk menghasilkan suara frekuensi rendah yang kuat. “Perbedaan terbesar antara audio mobil, audio rumah dan Gedung konser adalah mobilitasnya. Bergerak, berarti lingkungan suara sekitar berubah. Nah, bagaimana cara mengatasi suara yang berubah ini, jelas menjadi tantangan besar bagi kami para insinyur,” ungkapnya.

Baca Juga:
XForce Jadi Nama SUV Kompak Mitsubishi Seharga Rp 379 Jutaan Ini

Adapun terkait alasan Mitsubishi Motors melibatkan audio Yamaha, selama ini  telah melakukan riset mendalam terhadap car audio yang bagus. “Kami pun sudah melakukan diskusi dengan perusahaan-perusahaan audio terkemuka, bukan hanya Yamaha,” ujarnya. 

Dimana menurut pihak Mitsubishi, perbedaan paling kentara Yamaha dengan perusahaan audio yang lain, Yamaha telah memiliki dan berpengalaman di dalam instrumen musik. Bisa dikatakan Yamaha mengenal karakter penyanyi yang bekerja sama dengan mereka. “Jadi bukan hanya audio yang bagus, melainkan juga karakteristik yang baik, membuat kami memiliki Yamaha. Kami pun akan berkolaborasi dengan Yamaha untuk jangka waktu panjang,” tukasnya.

Diketahui, XForce tersedia dalam dua varian, untuk Ultimate CVT dibanderol harga Rp412,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Sedangkan Exceed CVT dijual dengan harga Rp379,9 juta OTR Jakarta.


(uda)