Autogear.id – Sebagai pemain yang sudah 53 tahun malang melintang di ranah kendaraan niaga, tentunya Mitsubishi Fuso memahami sektor-sektor industri apa saja yang sedang terus berkembang, maupun yang stagnan karena satu dan lain hal.
Seperti dikatakan Sales & Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Aji Jaya, dalam kegiatan buka puasa bersama media, di Kantor Pusat Mitsubishi Fuso Jl. Jend. A. Yani, Pulomas, Jakarta Timur, Kamis (14/3/2024). Di segmen kendaraan niaga ada beberapa kontributor yang mendukung pertumbuhannya.
“Antara lain sektor Mining, Plantation, Manufaktur, Konstruksi, Logistik dan yang terakhir lain-lainnya. Adapun dari beberapa sektor bisnis tersebut, yang saat ini masih memberikan kontribusi besar pada penjualan kendaraan niaga adalah sektor logistik,” terang Aji Jaya.
Sementara untuk sektor lainnya, seperti Plantation dan Mining di 2023 itu kondisinya tidak lebih baik dari 2022. Ini akibat gejolak ekonomi, yang berdampak pada permintaan komoditi tersebut. “Nikel turun, Sawit turun, jadi sektor Mining dan Plantation ini kami masih anggap stagnan. Begitu juga Manufaktur dan Konstruksi. Saat ini yang tumbuh adalah Logistik,” lanjutnya.
Penyesuaian Spesifikasi Truk untuk Sektor Logistik
Menyangkut sektor logistik yang terus berkembang, dengan kebutuhannya yang bervariasi. Ditambah banyaknya ruas Jalan Tol yang menghubungkan antar kota di Indonesia, semakin mendorong pengusaha melakukan operasional kendaraan menempuh rute lebih jauh.
“Hal itu coba kita siasati, untuk segmen logistik, kita lakukan penambahan tangki bahan bakar pada produk, yang biasanya 200 liter menjadi 400 liter. Itu improvement yang sudah diterima pasar, karena mampu menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen,” tukas Aji Jaya.
Lebih detail dijelaskan, dukungan tersebut berupa varian Medium Duty Truck (MDT) Fighter X FN61 FL (6x2) dengan total panjang kendaraan 12 meter, bahkan dikatakan merupakan varian terpanjang yang dimiliki Mitsubishi Fuso.
Varian tersebut cocok bagi sektor usaha logistik untuk volume muatan yang besar, untuk menempuh jarak yang jauh. Pada varian ini juga terdapat sasis yang telah dilengkapi dengan double tangki, seperti yang dikatakan Aji Jaya. Bertujuan untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen melayani operasional dengan jarak super jauh.
Selain MDT Fighter X FN61 FL (6x2), ada juga varian Tractor Head yaitu Fighter X FN62F HD TH (6x4) dengan Gross Combination Weight (GCW) hingga 36 ton. Dilengkapi dengan transmisi Eaton, varian ini sangat cocok untuk membawa beban dengan muatan super besar, untuk digunakan di sektor ekpedisi, logistik dan car carier.
(uda)