Sebelum Berkendara Motor, Ini Cara Mudah Merawat Sistem Pengeremannya

Sebelum Berkendara Motor, Ini Cara Mudah Merawat Sistem Pengeremannya
Sebelum Berkendara Motor, Ini Cara Mudah Merawat Sistem Pengeremannya

Autogear.id – Sistem pengereman kendaraan bermotor merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan, sebelum mulai mengendarainya.

Menjaga performa sepeda motor menjadi kewajiban para pengguna, dengan cara rutin melakukan perawatan. Terlebih lagi setelah dipakai mudik Lebaran kemarin, menempuh jarak jauh melintasi berbagai kondisi medan jalan.

Ketika sepeda motor akan kembali digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, seperti ke kantor, kuliah dan lainnya, maka hendaknya dilakukan pengecekan sebelum memulai perjalanan.

Pengecekan rutin sistem pengereman, seperti kampas rem misalnya, sebagai komponen esensial yang berhubungan langsung dengan keamanan berkendara. Merupakan hal yang sangat penting, untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan di perjalanan. Beberapa tips perawatan komponen sistem pengereman yang dapat dilakukan pemilik motor adalah :

Gaya Berkendara dan Pembersihan Kampas Rem

Sewaktu mengendarai motor, pengendara disarankan menghindari kebiasaan menarik gas dan tuas rem bersamaan. Jika dilakukan terus menerus, kampas rem bisa lebih cepat aus atau menipis.

Selain gaya berkendara, penting rutin membersihkan kampas rem memakai sikat kawat atau cairan pembersih. Agar terhindar dari tumpukan kotoran, seperti pasir atau debu halus, yang berisiko mengganggu kinerja sistem pengereman.

Pengecekan dan Penggantian Minyak Rem

Agar fungsi rem cakram tetap optimal, konsumen perlu memperhatikan kondisi minyak rem. Pastikan volume nya di dalam master rem berada di ambang normal, jernih, dan bebas kotoran.

Ketika minyak dalam kondisi baik, maka kinerja rem cakram lebih optimal. Sesuai buku petunjuk penggunaan, perlu melakukan penggantian minyak rem setiap 24.000 km atau 2 tahun sekali kondisi penggunaan normal.

Penggunaan Suku Cadang Asli

Penggunaan suku cadang asli tidak kalah pentingnya. Contohnya kampas rem asli Yamaha, yang dijelaskan Asst. General Manager Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Frengky Rusli, telah dirancang khusus sesuai setiap model motor Yamaha. Sehingga menurut Frengky, kinerja dan daya tahannya optimal.

“Minyak rem asli telah teruji kemampuannya dalam menahan suhu tinggi yang dihasilkan oleh proses pengereman. Segera lakukan perawatan di bengkel resmi Yamaha. Dengan melakukan perawatan teratur, tak hanya performa motor yang tetap terjaga, tetapi konsumen juga bisa menikmati berbagai keuntungan lain yang ditawarkan,” imbuh Frengky.


(uda)