Autogear.id - PT Garuda Mataram Motor, agen pemegang merek (APM) Volkswagen (VW) di Indonesia resmi mengumumkan kolaborasi strategis dengan Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (EKRAF).
Kemitraan ini menjadi bagian dari komitmen VW Indonesia untuk mendukung ekosistem kreatif nasional. Pertemukan dunia otomotif, kreativitas, dan budaya dalam semangat kolaborasi.
Sejak awal 2025, VW Indonesia telah mengusung semangat ‘New Buzz in Life’, mengajak masyarakat merayakan ekspresi diri melalui kehadiran ID. BUZZ.
Pada pameran GIIAS 2025, perjalanan ini berlanjut, menggandeng mitra dari berbagai industri, komunitas, dan seniman lokal yang berbagi visi inovasi dan keberlanjutan.
VW Indonesia dan Kementerian EKRAF membuka lebih banyak kesempatan bagi pelaku kreatif Indonesia, untuk berekspresi dan berkembang.
Live Painting Collaboration
Setelah memulai perjalanan di Jogja Volkswagen Festival 2025, kolaborasi berlanjut di GIIAS 2025. Dua IP (Intellectual Property) Creator lokal binaan EKRAF, Beemala dan Tenka Street, menuangkan karya mereka langsung di bodi ID. BUZZ. Jadikan kendaraan ini bukan sekadar simbol mobilitas masa depan, tetapi juga medium ekspresi seni.
Sepanjang GIIAS 2025, para seniman melakukan proses live painting di booth VW. Hasil akhirnya akan diperkenalkan resmi pada 1 Agustus 2025.
Kompetisi Desain
Ajang kompetisi desain bagi seniman muda binaan EKRAF, untuk menciptakan desain khas ID. BUZZ. Pemenang kompetisi akan diumumkan menjelang akhir 2025.
“Kolaborasi Volkswagen dengan IP Beemala Tenka seperti hidden gem, jadi contoh kolaborasi kreatif lintas sektor, termasuk otomotif,” ujar Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Irene Umar.
Head of Sales & Marketing Volkswagen Indonesia, Ahmad Badawi menyampaikan, Volkswagen percaya, kolaborasi bukan sekadar karya, tetapi juga gerakan budaya. “Persatukan komunitas dan membuka ruang bagi kreativitas generasi muda,” ucapnya.
Kolaborasi dengan Filosofi Kopi & Frank Green
Volkswagen Indonesia terus memperluas kolaborasi dengan mitra kreatif yang berbagi semangat tentang cerita, gaya hidup, dan keberlanjutan.
Dengan Filosofi Kopi, perjalanan tak lepas dari Volkswagen T2 (Kombi) legendaris Filosofi Kopi. Bahkan diabadikan dalam film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody.
Volkswagen rayakan hubungan yang telah terjalin lama. Di GIIAS 2025, pengunjung diajak menikmati kopi khas Filosofi Kopi langsung dari van ikonik tersebut.
Begitu pula dengan Frank Green, brand asal Australia yang dikenal berkomitmen kuat terhadap lingkungan dan desain penuh karakter.
Kolaborasi ini hadirkan tumbler edisi khusus Volkswagen x Frank Green, ajakan untuk menjadikan gaya hidup berkelanjutan sebagai bagian dari keseharian yang dipersonalisasi, penuh warna, dan berdampak.
(uda)
