Autogear.id – Performa Mitsubishi Triton tampaknya semakin mumpuni, ketika hadir dengan mesin anyar dan wajah yang benar-benar baru. Mitusbishi akui, Triton telah menguasai market share kendaraan niaga ringan single cab dan double cab di Indonesia.
Triton sendiri merupakan produk legendaris yang diklaim telah teruji keandalannya, dalam mendukung aktivitas bisnis dan petualangan pelanggan. Didukung dengan kehadiran dan perjalanan panjangnya selama 45 tahun di dunia, dan 22 tahun di Indonesia.
President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita dalam keterangannya beberapa waktu lalu mengatakan, All-New Triton menawarkan daya tahan yang ditingkatkan, dan kemampuan off-road yang superior. Menjadikannya pilihan ideal untuk penggunaan profesional maupun pribadi.
All New Triton, Turn ON the Beast Mode!
Memboyong slogan “Turn ON the Beast Mode”, All-New Triton hadir dengan pengembangan pada ladder frame baru dengan luas penampang sasis 65% lebih besar, dibandingkan model sebelumnya. Peningkatan pada sasis dan suspensi membuatnya lebih stabil dan nyaman dikendarai, baik di jalan raya maupun off-road.
Sejumlah keunggulan lain yang dimiliki oleh mobil niaga ringan berlogo tiga berlian itu, diyakini mampu mendorong aktivitas bisnis pelanggan. Alhasil, tidaklah mengherankan jika Mitsubishi mengibaratkan Triton sebagai kuda pekerja yang handal, bagi pelaku bisnis di Indonesia.
Sebelum bicara performa mesinnya sebagai kuda pekerja nan tangguh, desain baru Triton yang modern mengusung konsep "Dynamic Shield", dengan lampu T-shape yang khas, memberikan tampilan yang lebih gagah.
Dimensi bodinya terlihat lebih besar, menawarkan kesan lebih kuat dan lapang. Sehingga membuat penasaran untuk mengintip interior kabinnya. Ternyata dirancang dengan tampilan yang juga lebih modern dan fungsional.
Beragam fitur penunjang kenyamanan turut meramaikan interior kabinnya. Detail seperti penggunaan bahan kulit dengan jahitan yang rapi pada kursi, 8-inch Audio Head Unit, 7-Drive Mode, Dual Zone Climate Control, Wireless Charger, 7-inch color LCD multi-information display, dan lainnya menambah kenyamanan sewaktu mengendarainya.
Performa Mesin Bukan Kaleng-Kaleng
Ketika desain eksterior dan interior memiliki daya tarik, tentunya harus dilengkapi dengan performa mesin yang layak diacungi jempol, sebagai kuda pekerja nan tangguh. Mobil ini dibekali mesin baru diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4, yang lebih bertenaga dan efisien. Dimana tenaga maksimal 184 PS/ 135km dan torsi sebesar 430 Nm.
Torsi besar pada putaran rendahnya, membuat akselerasi lebih responsif. Terutama saat membawa beban berat, atau melaju di medan off-road. Ditambah lagi, adanya penyematan fitur Super Select 4WD-II, dan tujuh drive mode yang meningkatkan kemampuan off-road. Plus fitur Differential Lock yang sangat berguna saat melintasi medan sangat sulit.
Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan saat sesi test drive All-New Triton, di Sentul, beberapa waktu lalu (9/9/2024). Model terbaru ini memiliki tiga horsepower (hp) berbeda, yakni 110, 150, dan 184 hp.
“Untuk 110, kenapa kita butuh torsi yang besar, karena rata-rata feedback dari pelanggan yang berada di medan berat yang butuh menghadapi off-road, tidak butuh kecepatan. Tapi perlu kapabilitas yang memudahkan bergerak. Makanya torsi kita dari 1.000 rpm sampai 3.750 rpm,” ungkap Rifat.
Lalu dia melanjutkan, untuk yang 150 hp itu adanya di varian GLS. Walaupun ada yang varian 4x4 ataupun GLX 4x2, lebih kepada lighter off-road, dipakai pada kombinasi jalan raya dan off-road, sehingga torsinya 1.500 sampai 3.250.
“Nah, spesial untuk varian Exceed dan Ultimate yang paling atas, memiliki 184 hp. Untuk penggunaannya kalau dilihat dari speknya lebih ke lifestyle dan harian. Kalau cruising di jalan raya, kita tidak butuh torsi di bawah, karena horse power nya sudah besar. Tapi limit rpm 2.250 sampai 2.750, makanya penggunaannya berbeda-beda,” ulas Rifat.
Ramai Fitur Keamanan dan Keselamatan
Setelah didukung eksterior nan khas, lengkap dengan fitur kenyamanan pada interior. Begitu pula performa mesin baru yang tangguh dan perkasa. Kurang lengkap kiranya bila tidak menyentuh ranah penopang keselamatan saat mengendarainya. Apalagi mobil ini cocok dipakai di medan on-road dan off-road.
Yup, All-New Triton diimbuhi Hill Start Assist (HSA), Approach and Departure Angle yang lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya. Melibas trek menurun, pengemudi dapat memanfaatkan Engine Break yang lebih optimal. Berguna untuk penambah rasa aman, keselamatan, dan kenyamanan pengendara. Hadirnya fitur Active Stability and Traction Control (ASTC), juga memberi stabilitas di berbagai medan dan kondisi jalan. Tak ketinggalan pastinya fitur ABS, EBD, airbag, dan lainnya.
Uji performa di berbagai medan ekstrem di Indonesia untuk membuktikan ketangguhan, telah dilakukan mobil ini. Bukan sekadar mobil pick-up, melainkan kendaraan yang mampu memberi kenyamanan dan performa mumpuni, baik untuk penggunaan harian maupun aktivitas off-road.
Cocok untuk dikendarai di berbagai bidang kerja, seperti pertambangan, perkebunan, dan lainnya. Dengan berbagai peningkatan yang ditawarkan, All-New Triton semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin di segmennya.
(uda)