Autogear.id – Ceruk pasar di sektor asuransi kendaraan roda empat kelihatannya masih terbuka lebar. Sehingga mendorong perusahaan asuransi digital PT Asuransi Untuk Semua (Tap Insure), berkolaborasi dengan perusahaan penyedia layanan garansi mobil PT Wahana Sejahtera Indonesia (Warranty Solution International/WSI).
Dimana jalinan kemitraan strategis tersebut bertujuan memperkenalkan asuransi Extended Warranty dan Produk Garansi Mesin Mobil, serta memperluas akses produk tersebut kepada masyarakat luas. Digadang-gadang, menyangkut asuransi mesin mobil yang mereka kedepankan ini menjadi yang pertama di Indonesia.
Chief Distribution Officer Tap Insure, Luca Saurwein mengatakan, komitmen Tap Insure untuk terus meningkatkan inklusi asuransi, melalui pengalaman berasuransi yang seamless, terjangkau dan menyenangkan. Maka perluasan jangkauan distribusi bakal terus menjadi fokus perusahaan.
“Kami melihat industri otomotif memiliki potensi besar, namun tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya solusi perlindungan perpanjangan garansi masih tergolong rendah,” ungkap Luca di kawasan SCBD, Senin (5/8/2024).
Lanjutnya, melalui kerja sama strategis dengan WSI, mereka berharap dapat terus mengedukasi masyarakat, serta meningkatkan kesadaran akan asuransi. Menjadikan asuransi extended warranty sebagai kebutuhan penting berkendara, mengingat potensi risiko yang selalu ada.
Kemitraan tersebut memungkinkan pemilik kendaraan meperpanjang cakupan garansi hingga 5 (lima) tahun di luar masa garansi pabrik, dengan harga mulai dari Rp2 juta per tahun. Untuk memberi jaminan dan kepercayaan tambahan kepada konsumen, kalau kendaraan yang dibeli terlindungi dari biaya yang mungkin timbul selama pemakaian normal. Seperti kerusakan mekanikal dan elektrikal. Tidak dalam kendisi modifikasi, atau setingan mesin untuk balap misalnya.
“Asuransi ini mencakup semua jenis dan merek kendaraan roda empat. Baik mobil penumpang maupun kendaraan komersial. Bahkan kami juga terus menjajaki terkait asuransi kendaraan listrik,” jelas Direktur WSI, Wan Muhammad Rafie di lokasi yang sama.
Tawarkan Segudang Manfaat
Luca kembali menambahkan karakteristik kendaraan bermotor yang cenderung digunakan dalam jangka waktu panjang, serta harga kendaraan yang relatif tinggi, menjadikan garansi tambahan terhadap produk otomotif menjadi sangat penting.
Lebih lanjut dia katakan, asuransi perpanjangan garansi juga merupakan upaya Tap Insure dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang saat ini semakin sadar akan produk asuransi yang terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari.
Konsumen atau pemegang polis dapat memanfaatkan proses permohonan layanan perbaikan atau penggantian kendaraan serta suku cadang melalui online. Dirancang untuk mempermudah dan menghindarkan konsumen, dari kerumitan selama proses tersebut.
Manfaat yang ditawarkan kedua produk ini mencakup penggantian mobil sementara, bantuan darurat di jalan seperti jasa derek, jumper aki, maupun penggantian ban, dan layanan konsumen 24 jam. Manfaat lainnya termasuk biaya layanan atau ongkos kerja yang gratis, serta suku cadang pengganti yang dijamin keasliannya.
Semua layanan perbaikan untuk kedua produk ditangani sekitar 2.500 bengkel rekanan WSI tersebar di seluruh Indonesia. Konsumen akan mendapat tambahan garansi untuk periode tertentu, sesuai jenis suku cadang yang diperbaiki.
Asuransi extended warranty memberikan perpanjangan perlindungan, mulai dari tanggal berakhirnya garansi dasar pabrikan mobil, dan memastikan kesesuaian periode jangka waktu serta kilometer kendaraan.
(uda)