GIIAS 2023

Ikut GIIAS, Hino Satu-satunya Merek Truk dan Bus yang Punya Sertifikat TKDN

Unit pertama yang baru diperkenalkan di GIIAS 2023 adalah Hino 500 - FM 280 JD Retarder Mining Spec, telah dilengkapi Retarder yang membantu pengereman.
Unit pertama yang baru diperkenalkan di GIIAS 2023 adalah Hino 500 - FM 280 JD Retarder Mining Spec, telah dilengkapi Retarder yang membantu pengereman.

Autogear.id - Berpartisipasi dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Hino menempati Hall 3 dengan luas booth 780 meter persegi. Produsen kendaraan truk dan bus ini membawa 6 kendaraan andalan, yang mana dua diantaranya baru diperkenalkan ke publik dalam event ini. 

Unit pertama yang baru diperkenalkan di GIIAS 2023 adalah Hino 500 - FM 280 JD Retarder Mining Spec, telah dilengkapi Retarder yang membantu pengereman. Lalu unit kedua yang baru diperkenalkan adalah Hino Bus 115 SDBL 4x4, khusus diperuntukan sektor pertambangan dan perkebunan. 

Sedangkan 4 unit lainnya yang ditampilkan adalah Hino 500 - FM 340 TH ABS Ultimate safety, untuk distribusi BBM. Hino 300 Series 136 HD dengan bodi Pemadam Kebakaran dan Sky Lift, serta terakhir Hino Bus GB 150 AT, Trans Jakarta untuk transportasi publik.

“Keberadaan unit kendaraan Hino ini merupakan bentuk nyata komitmen kami dalam memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat Indonesia. Hino akan terus berinovasi dan berupaya meningkatkan pelayanan serta solusi transportasi demi kesejahteraan masyarakat dan masa depan Indonesia yang lebih baik”, terang COO Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo.

Baca Juga:
Armor All, Autogard dan California Scent Bawa Inovasi Baru di GIIAS 2023

Selain itu Hino adalah satu-satunya merek truk dan bus di Indonesia, yang memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Menandakan produk Hino memenuhi standar minimum komponen yang diproduksi secara lokal. Artinya, dengan mengantongi sertifikat TKDN, saat ini Hino memiliki 220 varian yang terdaftar di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), dengan rata-rata nilai TKDN di atas 40 persen.

Ditambah lagi, melalui program Hino Indonesia Academy, di GIIAS 2023 mengumumkan bahwa Hino ikut berkontribusi dalam program Ecosystem Prakerja. Merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan bagi para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, dimana program ini diatur dalam Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 113 Tahun 2022. 

Selaku training provider, Hino Indonesia Academi akan mengadakan 2 program pelatihan yang dibuka untuk umum, yaitu Pelatihan Mengemudi Kendaraan Besar Bus dan Pelatihan Mengemudi Kendaraan Besar Truk di Pusat Pelatihan Pengemudi Hino-Hino Total Support Customer Center (HTSCC), Purwakarta, Jawa Barat. 

Rencananya akan dibuka juga untuk skema pelatihan Strategi Pemasaran Operasional Industri Otomotif di Kota Tangerang. Pelatihan kartu Prakerja dari Hino Indonesia Academy telah tersedia di website prakerja.go.id yang bisa diakses oleh pendaftar dan lolos seleksi Prakerja.

Baca Juga:
Wow, Omoda 5 Bikin Kepincut Seleb Cantik Natasha Wilona!

"Hino Untuk Indonesia, komitmen kami untuk menyajikan solusi transportasi terdepan dengan truk dan bus berkualitas tinggi, serta mendukung industri dalam negeri. Kami juga turut berkontribusi pada pemberdayaan tenaga kerja dalam ekosistem Prakerja, sekaligus menjaga keselamatan berkendara,” ungkap Presiden Direktur PT HMSI, Takashi Muto. 


(uda)